News & InformationScienceTechnology

Daratan Tua Bernama Cratonic Provinces Ditemukan di Bawah Es Antartika

Palingbaru – Hai sahabat Pibi, kamu pernah bertanya-tanya engga soal daratan yang ada di balik lapisan es di Antartika sana? Kalau kamu sempat penasaran soal ini, kebetulan sekali. Ada kabar terbaru perkara daratan ini.

Dikutip dari The Independent, para ilmuwan berhasil mengungkap keberadaan jejak benua kuno di bawah lapisan es Antartika.

Sumber: www.independent.co.uk

Benua itu terkubur di bawah lapisan es. Beberapa ilmuwan pada awalnya menduga bahwa di balik lapisan es itu paling hanya ada bongkahan lekukan bumi yang beku.

Hingga pada akhirnya para ilmuwan mendapat data soal daratan di bawah lapisan es tersebut. Ini semua berkat satelit Eropa yang kini sudah tidak aktif lagi. Satelit itu disebut juga dengan Gravity Field dan Steady-state Ocean Circulation Explorer (GOCE)

Daratan kuno di bawah bongkahan es besar itu berada di bagian timur Antartika. Penampakan itu terlihat dari peta 3 dimensi yang menarik, yang memperlihatkan benua paling selatan dan menemukan bahwa es di atasnya telah menyembunyikan reruntuhan daratan kuno itu.

Daratan Timur Antartika ini sebut sebagai sebuah teka teki jigsaw (puzzle ubin), yang diberinama ‘cratonic provinces’.

Daratan ‘craton’ itu merupakan inti bebatuan yang stabil dari benua yang berhasil bertahan selama ratusan atau jutaan tahun dari gemba bumi.

Satu ‘craton’ itu punya kesamaan geologis dengan beberapa permukaan daratan Australia, sementara yang lainnya mirip dengan bagian di India.

Bagian ketiga, daratan ini diduga merupakan gabungan dari kepingan dasar laut yang tua. Hingga sekarang, perkara daratan yang bisa tergabung di bagian Timur Antartika ini mashi menjadi hal yang diperdebatkan di kalangan para peneliti.

by Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close