InspirationNews & Information

Demi Cinta : Ayako Rela Lepaskan Gelar Putri Bangsawan

Palingbaru- Seorang putri dari kekaisaran Jepang rela melepaskan gelar kebangsawanan demi cinta. Ia adalah Putri Ayako, putri ketiga dari mendiang pangeran Takamado.

Putri Ayako (28), resmi melepaskan gelar kerajaan karena menikahi Kei Moriya, seseorang dari keluarga biasa, bukan keturunan darah biru (bangsawan).

Kei Moriya adalah seseorang karyawan perusahaan pelayaran Nippon Yusen. Ia dengan putri Ayako telah menjalin hubungan lebih dari setahun. Mereka kemudian memutuskan menikah, walau dengan konsekuensi Putri Ayako harus meninggalkan gelar sebagai putri bangsawan Jepang.

Pernikahan itu digelar secara tradisional di Kuil Meiji, Tokyo, beberapa hari lalu (29/10).

Kecantikan putri Ayako diperlihatkan dengan balutan kimono istana dengan tatan rambut khas keluarga kerajaan. Sementara suaminya, Kei, menggunakan setelah tuksedo hitam yang dilengkapi dengan celana abu-abu.

“Saya merasa sangat bahagia melangsungkan pernikahan saya dan melihat begitu banyak orang yang mengunjungi Kuil Meiji dan mengucapkan selamat kepada kami,” kata Ayako dalam jumpa pers setelah upacara pernikahan yang tertutup, seperti dikutip Reuters.

Dalam aturan istana, keluarga kerajaan harus melepaskan gelarnya apabila menikahi seseorang selain keluarga bangsawan. Apabila surat pernikahan diselesaikan, maka Putri Ayako akan resmi dipanggil Ayako Moriya. Ia juga tidak diperkenankan tinggal di kompleks kerajaan setelah menikah.

Pernikahan Ayako, dipastikan akan mempengaruhi jumlah keluarga kerajaan yang terus berkurang hingga menyisakan 17 orang saja.

Bangsawan Jepang memang telah diberi kebebasan untuk menikahi siapapun yang dipilih selama tiga generas ini. Kaisar Akihito merupakan putra mahkota pertama yang menikahi orang biasa. Dengan pernikahan Putri Ayako, sedikitnya ada empat putri dari keluarga kekaisaran Jepang yang rela meninggalkan gelar kebangsawanannya antara lain Putri Sayako, Putri Noriko, dan Putri Mako.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close