HealthNews & Information

Demi Kesehatan Anak, Hindarkan Ia Dari Gadget Sejam Sebelum Tidur

Palingbaru – Sahabat Pibi pasti udah gerah ngeliat anak-anak lebih doyan megang layar Gadget ketimbang main sama temennya. Kebiasaan memegang layar kelamaan ini ternyata tidak bagus buat kesehatan anak.

Nah, setidaknya kita bisa mendisiplinkan anak agar bisa lepas dari layar gadget selama sejam sebelum tidur.

Anjuran ini berdasarkan dari penelitian dari Britania Raya sebagaimana yang dikutip dari The Independent.

Menurut Royal College of Paediatrics and Child Health (RCPCH), dampak negatif dari menatap layar gadget berkaitan dengan gangguan tidur, obesitas, dan perkara kesehatan mental seperti rasa gelisah dan kesendirian. Selain itu, penggunaan gadget berlebih juga telah menggantikan kebiasaan positif pada anak.

Maka dari itu, para peneliti menganjurkan para orang tua agar peduli pada efek negatif pada gadget ini, jangan hanya membiarkan anak tenggelam sendiri dengan layar di depan matanya.

Sebab, efek negatif ini bakal berdampak pada kesehatan anak bahkan keluaraga.

Kepala promosi kesehatan RCPCH, Max Davie, mengatakan bahwa dirinya dan beberapa peneliti telah mendapatkan banyak data yang menampilkan keuntungan dari kontak sosial secara nyata, olahraga, pola makan yang sehat, dan manfaat dari tidur.

Sementara menurutnya, aktivitas penggunaan gadget bakal mengganggu aktivitas yang sangat membawa muatan positif tersebut.

Misalnya dalam hal tidur, para ahli menyatakan bahwa layar gadget mesti ditinggalkan sejam sebelum tidur. Hal itu dinilai sebagai langkah yang bijak dan terdapat bukti psikologis yang positif untuk pengabaian gadget tersebut.

Penelitian membuktikan bahwa perampasan waktu tidur dapat merusak kesehatan mental dan fisik pada anak-anak, juga pada kemampuannya dalam belajar, dan hubungan keluarga.

Untuk alasan psikologisnya, penelitian ini menyatakan bahwa tidur menyangkut pada produksi melatonin. Dan aktivitas gadget dapat mengganggu proses produksi hormon tersebut.

by Abdul Hamid

 

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close