News & InformationScience

Di Brasil, Peneliti Temukan Kerangka Spesies Baru Dinosaurus

Palingbaru – Hai sahabat Pibi, ada kabar gembira nih buat kamu yang suka dengan dinosaurus. Baru-baru ini para peneliti telah menemukan kerangka tulang hewan primitif tersebut.

Menariknya, kerangka itu telah menunjukkan spesies baru, yakni dari golongan pemakan tumbuhan. Kerangka tersebut berhasil ditemukan dari tanah Brazil.

Dikutip dari Independent, penemuan ini memberi keterangan yang baru tentang dinosaurus berleher panjang yang hidup lebih dari 225 juta tahun yang lalu.

Peneliti melakukan penelitian pada sisa tulang dinosaurus. Sumber foto CAPPA UFSM

Para ahli menilai penemuan ini sangat luar biasa, lantaran telah menampilkan kehidupan dinosaurus yang cenderung hidup secara sosial sejak tahap awal evolusinya. Artinya, makhluk ini lebih memilih hidup secara berkelompok, ketimbang sendiri-sendiri.

Baca Juga : Rayap Kuno Mampu Membangun Piramid ? Simak Faktanya Berikut Ini

Seorang biolog, Redrigo Muller mengakui penemuan ini telah memberi gambaran luar biasa tentang bagaimana binatang-binatang ini hidup. Gambaran ini belum pernah ada sebelumnya.

Fakta lain dari spesies baru ini adalah tentang kehidupannya yang lebih dulu daripada dinosaurus raksasa muncul. Bobot badannya mencapai 16 st (101 ribu-an kg), sementara panjangnya mencapai 12 kaki dan tingginya 5 kaki.

Baca Juga : Ditemukan, Lukisan Gua Tertua Didunia Ada di Kalimantan

Spesies baru ini dinamakan ‘Macrocollum Itaquii’, masih ada ikatan sepupu jauh dengan sauropoda, yakni dinosaurus leher panjang seperti Brontosaurus.

Macrocullum diperkirakan telah hidup menjelajah daratan Amerika Selatan, ketika ia masih bagian dari gerombolan superkontinen yang disebut ‘Pangaea’.

Gambar dinosaurus spesies baru foto by Müller et al 2018

Baca Juga : Ilmuwan Temukan Spesies Baru Dinosaurus

Penemuan dinosaurus leher panjang ini akan membantu para paleontolog untuk mengungkap bagaimana sauropoda bisa tumbuh begitu besar.

Meski masih ada ikatan famili dengan sauropoda, spesies baru ini berbeda dalam satu hal: ia berjalan dengan dua kaki.

By Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close