News & InformationScience

Di Kanada Ada Tanah Bergerak Seperti Bernafas ? Inilah Faktanya  

PalingBaru- Bagaimana jadinya, apabila tanah di depan mu bergerak seolah sedang bernafas? Mungkinkah ? tapi hal tersebut benar terjadi di salah satu hutan di Kanada.

Lewat akun twitter @DannyDutch, ia memposting gundukan tanah di sebuah hutan tiba-tiba bergerak dan menggoyangkan pepohonan diatasnya. Bumi seolah naik turun seperti sedang dipompa oleh sepasang paru-paru yang ada di dalam tanah.

Sekilas hal itu menyerupai gempa bumi yang menggoyangkan bumi, namun hal itu adalah ulah dari angin. Dilansir dari livescience, ketika musim hujan dan badai angin menerjang, tanah menjadi melonggarkan kohesi tanah dengan akar saat angin bertiup di atas mahkota pohon.

Mark Vanderwouw, seorang ahli perawatan dan penanaman pohon (aborist) mengatakan angin sedang mendorong pohon-pohon ke atas. Dan ketika kekuatannya berpindah ke akar, tanah mulai “terengah-engah” seolah bernafas.

Ketika angin berhembus cukup keras dan bertahan lama, kejadian selanjutnya tidak hanya ‘tanah yang kembang kempis’ tapi akar pohon kemungkinan akan patah dan menyebabkan pepohonan roboh.

Dalam video tersebut memang tidak menampilkan tanah sedang bernafas dalam arti sebenarnya. Mereka tidak bernafas layaknya manusia.

Namun pada kenyataannya tanah dan pepohonan memang benar-benar bernafas namun dengan cara yang berbeda.

Tanah bernafas melalui mikroba-mikroba kecil yang berada di bawah tanah kemudian tanah akan menghabiskan CO2 yang disimpan di akar tanaman. lalu melepaskan kembali CO2 melalui udara yang biasa disebut dengan respirasi tanah.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close