DroneTechnology

Di Singapura, Drone Dikembangkan Untuk Pengawas Keaamanan dan Pengiriman Barang

Palingbaru – Sahabat Pibi, di era sekarang ini tentu sudah ga asing lagi dengan drone. Iya, benda terbang berbunyi mendengung ini sudah sering kita temui dan banyak memiliki kegunaan, salah satunya untuk pengambilan foto udara atau video.

Nah, ternyata tak hanya itu saja. Singapura kini mengupayakan inovasi penggunaan drone untuk pemenuhan kebutuhan rakyatnya. Mulai dari pengiriman paket, pengawasan gedung-gedung, hingga pemeliharaan keamanan.

Banyak perusahaan menyatakan siap bergabung dengan proyek ini, utamanya pada daerah yang luasnya 200 hektar dan memiliki gedung tinggi dan mall.

Otoritas penerbangan sipil Singapura menyatakan dukungan atas Uji coba sistem drone ini, karena dapat mengetahui potensi maksimal drone, utamanya pada penggunaan mobilitas dan logistik.

Sebagai langkah awal, area kota yang tergolong bonafid dan kekurangan tenaga manusia, menjadi percobaan tersebut.

Pada uji coba pengamatan gedung, drone diterbangkan ke udara lalu memotret bagian depan menara gedung-gedung tinggi. Apabila ada gedung bermasalah, drone akan menyajikan gambar kerusakannya.

Selain itu, drone juga sedang diuji coba untuk menjadi robot pengawal. Pengujian ini dilakukan oleh perusahaan lokal ST Aerospace.

Cara kerjanya, drone digunakan untuk mengejar seorang penerobos, pada ruang kendali memperlihatkan gambar ‘live’, yang dapat diakses oleh petugas keamanan.

Nah yang tak kalah penting, uji coba drone juga dilakukan untuk pengiriman paket. Khususnya membantu petugas rumah sakit yang ingin membawa sampel darah dari rumah sakit ke laboratorium pusat.

Rencananya, Singapura akan meluncurkan drone pemeriksaan gedung dan keamanan ini tahun depan. Soal tugas mengantarkan paket, masih diperhitungkan faktor keamanannya. Sehingga butuh tiga sampai empat tahun untuk mengkaji peraturan tentang ini.

Bagaimana Sahabat Pibi, kerenkan pengembangan teknologi berbasis drone ini. Dengan perkembangan teknologi, sangat memungkinkan pemerintah kita segera menjalankan projek yang sama atau mungkin bisa lebih canggih.

By Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close