News & InformationScience

Ditemukan, Benua Kuno Di Bawah Lapisan Es Antartika

PalingBaru- Sahabat Pibi tahukah kamu, dari semua benua yang ada di atas bumi ini, sebenarnya Benua Antartika masih menyimpan banyak misteri.

Benua yang daratannya diselimuti es ini, membuat ilmuwan penasaran untuk mengungkapkan struktur apa saja yang ada disana.

Tak tanggung-tanggung merekapun gunakan satelit Gravity Field and Ocean Circulation Explorer (GOCE) milik European Space Agency, untuk membantu dalam menguak misteri Antartika.

Diluar dugaan, para ilmuwan ini berhasil temukan keberadaan sebuah benua yang telah lama hilang di bawah lapisan es Antartika.

Dilansir dari Science Alert, para peneliti mengklaim ini adalah temuan baru. Mereka juga menemukan mosaik kraton dan wilayah berbatu yang lebih tipis, menyerupai india dan Australia.

Baca Juga : Ilmuwan Temukan Spesies Baru Dinosaurus

Sahabat Pibi, perlu kamu tahu, dulunya kedua benua itu dihttps://palingbaru.com/ilmuwan-temukan-spesies-baru-dinosaurus/sebut-sebut bersatu dengan Antartika.

Ratusan juta tahun yang lalu, Antartika merupakan bagian dari benua Gondwana. Kemudian, super benua ini pecah pada 130 juta tahun lalu, dan membentuk bagian-bagian terpisah menjadi Australia dan Antartika.

Baca Juga : Beginilah Rupa Manusia, Seribu Tahun Mendatang

Hasil penelitian ini pun dipublikasikan di Scientific Report, dan menyatakan temuan mereka sangat akurat yang tergambar dalam bentuk tiga dimensi.

“Data gravitasi satelit dapat dikombinasikan dengan data seismologi untuk menghasilkan gambar yang akurat dari kerak bumi dan mantel bumi dalam bentuk 3D. Hal ini bertujuan untuk memahami bagaimana lempeng tektonik dan dinamika mantel bumi dalam berinteraksi,” kata salah satu peneliti , Jörg Ebbing dari Kiel. Universitas di Jerman, dilansir dari Science Alert.

Baca Juga : Pemanasan Global : Sebuah Pulau di Jepang Menghilang

Temuan ini sangat berguna bukan hanya untuk menemukan benua kuno tapi juga dapat memprediksi bagaimana lapisan es di Antartika akan bereaksi dengan suhu hangat. Hemm menarik bukan.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close