News & InformationScience

Ditemukan, Lukisan Gua Tertua Didunia Ada di Kalimantan

PalingBaru – Hai sahabat Pibi, kamu tau gak kalau ada penemuan baru dari para arkeolog ? Dan temuan peninggalan sejarah ini ternyata ada di Indonesia. Tepatnya di dalam dinding gua yang berada di hutan Kalimantan.

Para arkeolog baru saja menemukan lukisan berbentuk sejenis sapi di dalam gua yang berada di Kalimantan. Diperkirakan spesies sapi liar yang dilukis itu disebut banteng. Para arkeolog telah memastikan bahwa lukisan ini sebagai karya seni tertua didunia yang pernah ditemukan.

Lukisan hewan di dalam gua Kalimantan. Hasil cature Youtube content dari Griffith University

Diperkirakan, lukisan ini dibuat antara 40.000 hingga 52.000 tahun yang lalu, kira-kira sepanjang zaman terakhir di Palaeolithik dan zaman es terakhir. Artinya, lukisan ini lebih tua daripada temuan sebelumnya dari Sulawesi, yang diperkirakan berusia 5.000 tahun.

Baca Juga : Ditemukan, Benua Kuno Di Bawah Lapisan Es Antartika

Sejak 1990-an, gua-gua di Kalimantan sebetulnya sudah diperkirakan mempunyai sejumlah lukisan kuno. Namun, para arkeolog menduga usia lukisan tersebut masih tergolong muda, yakni sekitar 10.000 tahun.

Hingga akhirnya, arkeolog Maxime Aubert dari Griffith University di Australia datang ke gua ini untuk memastikannya, dengan menggunakan radiometric dating. Dia tidak hanya menguji lukisan ternak, tapi juga siluet-siluet tangan yang tersebar di seluruh gua.

Hasilnya adalah, temuan ini tidak hanya disebut sebagai lukisan gua, tetapi juga diklaim sebagi lukisan figuratif tertua. Usianya mengungguli arca Löwenmensch yang ditemukan di Jerman, yang menggambarkan kepala singa berbadan manusia. Usia arca ini diperkirakan 35,000 dan 40,000.

Bagian kecil dari lukisan gua di Kalimantan ini telah tertutupi lapisan kalsit, sebuah mineral karbonat dan polimorf kalsium karbonat (CaCO3) paling stabil.

Baca Juga : Ilmuwan Temukan Spesies Baru Dinosaurus

Para arkeolog menyebut lukisan ini sebagai gambaran dari transisi budaya yang terjadi sekitar 20 ribu tahun yang lalu, dari ekspresi seni tentang alam menuju seni tentang pengalaman manusia.

Sciencealert menulis, tidak menutup kemungkinan lukisan dalam gua Kalimantan tersebut ter-ekspor keluar dan mempengaruhi model lukisan gua di sulawesi, Papua hingga Australia.

Temuan ini menunjukan bahwa nenek moyang kita memiliki peradapan atau bentuk kreatifitas manusia yang sangat tua di dunia. Luar biasa ya gaes.

By Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close