News & InformationScience

Ditemukan Spesies Buaya Baru, Penasaran ? Cek di Bawah ini

Baru-baru ini ditemukan spesies baru dari buaya. Hewan pemangsa tersebut ditemuka oleh Tim ilmuwan dari Florida International Unviversity Tropical Conservation Institute Amerika Serikat yang telah mempelajari buaya liar di 6 negara berbeda di benua Afrika.

Buaya ini memiliki nama ilmiah Mecistops Leptorhynchus. Sebelumnya Buaya bermoncong ramping dianggap sebagai spesies yang sama dengan Mecistops Cataphractus, yang berada di Afrika Barat, hingga para peneliti menemukan perbedaan masing-masing wilayah yang memilik perebedaan pada moncong buaya.

Foto Buaya Mecistops Leptorhynchus, diambil dari dailymail.com_florida international university

Ciri khas buaya dari Afrika Tengah memiliki bentuk moncong lebih kecil dari buaya yang berada di Afrika Barat. Selain itu, Buaya berasal dari Afrika Tengah memiliki kulit yang lebih lembut, sedangkan buaya yang berada di Afrika barat memiliki kulit yang lebih tebal dan kasar.

Ketua tim peneliti ilmuwan dari Florida International Unviversity Tropical Conservation Institute Amerika, Matthew Shirley mengatakan, “Kami memperkirakan hanya ada 10 persen dari buaya moncong ramping yang hidup di Afrika, yang berarti mengurangi 90 persen  populasinya. Hal tersebut membuat buaya moncong ramping menjadi hewan yang terancam punah di dunia,” dilansir dari Dailymail (26/10).

Buaya bermoncong ramping telah diketahui sejak tahun 1824 yang lalu. Namun, belum dinyatakan sebagai spesies baru karena habitatnya yang sangat terpencil, membuat buaya ini menjadi suliti diteliti. Buaya ini menjadi sangat sulit ditemui, karena kerap memilih bersembunyi di dalam air.

Seorang Peneliti Memegang Buaya Mecistops Leptorhynchus. Foto diambil dari dailymail.com _ florida international university

Dengan temuan baru ini, maka menambah satu lagi koleksi spesies buaya didunia yang berjumlah 23 spesies buaya. Para ilmuan menyatakan ini adalah temuan yang pertama kali setelah 80 tahun menanti temuan baru, sejak tahun 1935.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close