Science

Ditemukan Spesis Terbaru Dinosaurus Berukuran Anjing di Australia

Palingbaru – Hai sahabat Pibi, buat kamu pecinta dinosaurus, ada kabar terbaru nih tentang hewan kuno ini. Khususnya kabar yang datang dari Australia.

Dilansir dari The Independent, para arkeolog berhasil menemukan spesies terbaru dari makhuk raksasa ini. Fossil itu menunjukkan bentuk seekor dinosaurus yang berukuran seperti anjing reptil. Spesies ini diperkirakan telah hidup sekitar 100 juta tahun yang lalu.

Zaman hidupnya dinosaurus tersebut disebut dengan Periode Cretaceous. Soal makanan hobinya adalah tumbuhan, sehingga hewan ini digolongkan sebagai ‘ornithopods’.

Sumber: www.nationalgeographic.co.au

Ditemukan di dekat tempat yang disebut Lightning Ridge, New South Wales, Australia. Dinosaurus ini memiliki paruh dengan gigi. Ia berjalan dengan dua kaki dan jumlahnya diperkirakan banyak khususnya di masa kuno yang daratannya tergenang air.

Spesies ini dinamai Weewarrasaurus poben. Nama ini merujuk pada lokasi penemuan fosilnya yakni di lahan tambang batu baiduri yang bernama Wee Warra.

Nama akhirnya sendiri merujuk pada orang bernama Mike Poben. Ia adalah orang yang memberikan tulang rahang Weewarrasaurus untuk keperluan penelitian ini.

Jadi, Mike Poben inilah yang menjadi pemicu awal penemuan besar ini. Ia menemukan bagian dari fosil spesies baru tersebut saat menyortir beberapa batu baiduri.

Atas penemuan ini, tempat yang bernama Lightning Ridge itu diyakini sebagai tempat yang satu-satunya di dunia yang semua fosil-fosil ditemukan secara utuh. Karena fosil tersebut telah terlindung di batu baiduri.

Kepala dari riset ini, seorang paleontolog bernama Dr Phil Bell mengakui bahwa Lightning Ridge merupakan sumber fossil kelas dunia, karena telah menyimpan sejumlah hewan Cretaceous yang unik.

by Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close