Uncategorized

Dukungan Keluarga dan Komunitas adalah Rahasia Hidup Panjang, Sehat, dan Bahagia Berdasarkan Hasil Studi Universitas Harvard

Temuan studi terbaru Universitas Harvard ini cukuplah mencengangkan. Ternyata, resep hidup panjang, sehat, dan bahagia tidak terletak pada kekayaan dan ketenaran – seperti yang diyakini oleh para kaum muda akhir-akhir ini. Tetapi, terletak pada hubungan yang baik dan ikatan sosial yang kuat – baik dengan keluarga ataupun teman. Orang-orang yang memiliki hubungan baik dengan keluarga dan teman-teman mereka terlindungi dari berbagai macam penyakit kronis seperti pikun dan sakit jiwa.

 

Baca juga: Terapi Paling Baru Perangi Kanker Payudara dalam 11 Hari Berikan Harapan Baru Bagi Penderita

Studi ini dilakukan sejak 1938 ini menggunakan dua kelompok besar masyarakat sebagai responden. Yaitu, 268 mahasiswa Harvard tahun kedua (sophomore) dan 456 laki-laki dari daerah miskin di Boston. Salah satu dari responden dari studi ini adalah Presiden Amerika Serikat, John F. Kennedy.

Sepanjang studi yang dilakukan selama 75 tahun ini, para peneliti mengikuti kehidupan para responden secara terus menerus, melakukan wawancara tentang kehidupan mereka, dan pemeriksaan kesehatan rutin. Selama periode itu, mereka menyaksikan kehidupan naik – turun para responden yang kini umumnya berusia 90an ini. Baru-baru, riset juga telah memasukkan scan otak dan wawancara dengan istri dan anak-anak mereka.

 

Baca juga: Temuan Riset Terbaru: Kopi Cegah Kanker Usus dan Kanker Anus

 

Hasil studi ini salah satunya dipresentasikan oleh direktur studi ini, Dr. Robert Waldinger baru-baru ini. Salah satunya di forum sharing terkenal di dunia, TED Talk. Dari hasil presentasi dia yang diunggah di YouTube kini telah dilihat lebih dari 7 juta orang di seluruh dunia!. Wow! 

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close