I Like ItTraveling

Enam Jurus Jitu Agar Couchsurfing Aman Dan Nyaman

PalingBaru- Sahabat Pibi, pernahkah kamu mendengar tentang Couchsurfing ? Atau jangan-jangan adalah adalah pelaku Couchsurfing ? Memang Couchsurfing sudah menjadi alternative bentuk traveling yang penuh tantangan.

Dengan couchsurfing pelancong bisa tinggal di rumah orang lain yang ada di daftar aplikasi Couchsurfing. Ya, umumnya para host (yang menerima tamu) akan menggratiskan segala keperluan saat tamunya tinggal di rumahnya. Tapi saat traveling, maka tamunya lah yang mengeluarkan biaya makan dsb.

Sebenarnya, Couchsurfing sudah dijalankan sejak lebih dari 10 tahun lalu. Semakin lama semakin banyak yang mengikuti program ini.

Tentu saja, Couchsurfing tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar bisa melakukan Couchsurfing dengan aman dan nyaman.

Dalam forum backpacker banyak diulas bagaimana bercouchsurfing yang aman dan nyaman. Berikut ini tipsnya.

  • Para traveller perlu berhati-hati saat memilih host. Seperti saat memilih toko di market place, pilihlah dengan review terbaik. Perhatikan profil calon host dengan teliti.

  • Hubungi calon host secara intensive untuk mengetahui bagaimana respon dan sekilas kebiasaannya.Dengan komunikasi seperti ini lama-lama akan terbaca bagaimana karakter calon host. Ada yang awalnya baik, namun setelah berkomunikasi ternyata banyak membicarakan hal yang tidak penting. Bila itu terjadi maka perlu dipertimbangkan untuk dipertahankan menjadi host.

  • Komunikasi yang intens juga perlu menyangkut aturan main. Misalnya host terbiasa bangun dan tidur jam berapa, kebiasaan keluar dan masuk lagi ke rumah jam berapa, di rumah tersebut bebas merokok atau sebaliknya no smoking, dsb.
  • Pastikan traveller juga mempunyai cadangan tempat tinggal untuk jaga-jaga seandainya tempat couchsurfing yang dipilih ternyata tidak nyaman.

  • Siapkan budget untuk penginapan cadangan, sehingga bila terjadi hal yang tidak diinginkan bisa langsung pindah dan tidak bergantung pada pihak lain. Budget ini juga termasuk untuk transportasi yang meskipun kadang traveller ditraktir transport oleh host.

  • Carilah informasi sebanyak mungkin tentang daerah sekitar host, termasuk tempat penting bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan (termasuk mencatat nomer telpon dll).

Dengan menerapkan tips tersebut, setidaknya traveller sudah siap dengan segala kemungkinan. Sehingga tidak sepenuhnya bergantung pada host.

By Diane Suryaman

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close