News & InformationScienceTechnology

Energi Nuklir Diklaim Sebagai Sumber Kekuatan Penyelamat Bumi

Palingbaru – Manusia sangat bergantung pada sumber energi, bukan begitu Sahabat Pibi? Kita bisa hidup karena dibantu oleh tenaga matahari, angin, air dan lain-lain. Energi itu kita olah untuk memenuhi kebutuhan, terutama dalam produksi listrik.

Namun, beberapa sumber energi telah mengacaukan iklim bumi. Misalnya, energi fosil yang menyumbang polusi udara. Nah, atas kenyataan ini, dua ilmuwan bernama Joshua S. Goldstein dan Staffan A. Qvist mengusulkan agar kita mulai memasifkan energi nuklir.

Menurut mereka, penanganan perubahan iklim bumi tidak akan selesai hanya dengan pembaharuan energi dengan menggunakan sinar matahari dan angin saja.

Misalnya, beberapa negara seperti Jerman telah melakukan terobosan energi terbarukan, hasilnya hanya bisa mencapai 1/5 target keseluruhan untuk menciptakan listrik yang bersih.

Pada angka itu, perlu 150 tahun untuk membuat bumi benar-benar bersih dari zat arang. Sementara, berdasarkan perkiraan ilmuwan, kita hanya punya sekitar 30 tahun untuk membenahi ini sebelum kita sendiri yang mencapai titik kritis dari perubahan iklim.

Kemudian apabila kita memilih untuk menggunakan energi angin, hal itu akan memakan banyak lahan dan sumber energi itu sangat tidak konsisten keberadaannya karena tergantung pada alam.

Apa yang dibutuhkan saat ini adalah energi yang bebas karbon, yang bisa menggenjot ke skala yang besar lagi cepat dan menyediakan energi yang dapat diandalkan kapan pun kondisinya.

Jawaban dari itu adalah energi nuklir, karena ia bisa bisa memenuhi semua persyaratan untuk menyelamatkan bumi ini.

Namun, yang disayangkan adalah informasi yang keliru tentang nuklir telah menghambat pengembangan energi ini seperti kekhawatiran pada sampah radioaktif.

Padahal, jumlah limbah dari nuklir jauh lebih sedikit daripada jumlah limbah beracun dari produksi energi batu bara dan minyak bumi.

by Abdul Hamid

 

 

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close