Uncategorized

Fakta dan Informasi Menarik Seputar Stadion UEFA EURO 2016: Stade de Bordeaux

Salah satu pertandingan UEFA EURO 2016 yang paling dinanti adalah dari timnas Spanyol. Meski Juan Mata, Diego Costa, dan Fernando Torres sudah diprediksi tidak termasuk ke dalam skuad pilihan pelatih Vicente del Bosque, tapi banyak yang masih meyakini Spanyol akan tetap tampil beringas.

Nah, satu diantara banyak stadion EURO 2016 yang akan menjadi saksi pertempuran pasukan La Furia Roja adalah Stade de Bordeux. Yuk, kita cari tahu informasi dan fakta menarik tentang stadion ini!

Pengetahuan Dasar

Stade de Bordeaux atau Nouveau Stade de Bordeaux juga dikenal sebagai Stade Matmut Atlantique. Hal ini dikarenakan sejak September 2015 Matmut Group, sebuah perusahaan asuransi, adalah sponsor stadion yang terletak di kota Bordeaux ini. Tapi, UEFA menggunakan Stade de Bordeaux sebagai nama resmi selama EURO 2016 berlangsung karena melarang adanya sponsorship stadion.

Stade de Bordeaux Dilihat dari Atas (sumber: www.bordeaux-metropole.fr)

Dibangun pada tahun 2013 dan resmi dibuka pada 18 Mei 2015, Stade de Bordeaux juga adalah markas besar kesebelasan FC Girondins de Bordeaux. Stadion ini menggantikan stadion lama FC Bordeaux, Stade Chaban-Delmas.

Stade de Bordeaux sempat mengalami kemunduran dalam pembangunan karena protes warga atas tingginya biaya pembangunan yang mencapai 168 juta Euro. Untuk informasi aja nih, guys, biaya konstruksi stadion ini sebagian ditanggung oleh warga, lho! Tapi, untungnya persoalan ini berhasil diselesaikan.

Selain sebagai venue olahraga sepakbola, stadion ini juga bisa jadi tempat diselenggarakannya rugby dan berbagai konser musik. Dengan kapasitas mencapai 42.000 penonton, Stade de Bordeaux pasti mumpuni untuk menampung ribuan pendukung timnas yang bertanding di stadion ini.

Arsitektur

Firma Herzog & de Meuron, dibantu oleh Group 6, dipercaya untuk mendesain Stade de Bordeaux. Herzog & de Meuron sendiri sebelumnya juga mendesain stadion St. Jakob Park di Basel, Allianz Arena di Munich, dan stadion Olimpiade Beijing. Untuk desain landscape sendiri ditangani oleh Michel Desvigne, arsitek lulusan Harvard dengan karya-karyanya yang tersebar di Eropa dan Timur Tengah.

Menurut situs resmi Matmut Atlantique, desain stadion ini mengutamakan keringanan struktur yang membuatnya terkesan elegan. Selain itu, aspek keterbukaan juga melekat kuat di Stade de Bordeaux sebagai simbol menyatunya stadion dengan kota Bordeaux secara keseluruhan.

Bagian Dalam Stade de Bordeaux (sumber: www.francebleu.fr)

Dilengkapi dengan, antara lain, 2 layar raksasa yang masing-masing berukuran 70 meter persegi dan 350 layar kecil, 8500 tempat parkir, 19 outlet makanan, 125 tempat duduk untuk penyandang disabilitas, serta 1 koridor berukuran 800 meter, 3000 kursi kelas bisnis, dan 1000 kursi kelas VIP, Stade de Bordeaux layak menjadi salah satu stadion modern Eropa.

Arsitekturnya mengombinasikan tiga elemen integral: mangkok (tempat berlangsungnya pertandingan dan penampung penonton), lorong (elemen transisi antara lapangan dengan eksterior sekitar), dan terakhir penampilan stadion. Ketiganya bisa diinterpretasikan sebagai elemen yang membuat identitas stadion yang unik dan bersih.

Pertandingan Pertama

Pertandingan pertama adalah antara FC Bordeaux melawan Montpellier pada tanggal 23 Mei 2015 yang berakhir dengan kemenangan Bordeaux. Sedangkan pertandingan internasional pertama yang digelar disini adalah laga persahabatan antara Perancis kontra Serbia pada tanggal 7 September 2015 dengan skor akhir 2-1 untuk kemenangan Perancis.

Fasilitas

Selain fasilitas di atas, kamu bisa lihat detil restoran yang tersedia di dalam stadion, jadi nggak perlu takut kelaparan saat pertandingan.

Denah Restoran di Dalam Stade de Bordeaux (sumber: www.matmut-atlantique.com)

Selain itu, ada The Matmut Atlantique’ Saint Once Brasserie, sebuah restoran baru di dalam stadion berkapasitas 206 tempat duduk yang menyediakan menu-menu klasik ala Barat Daya Perancis. Dibuka pada malam-malam pertandingan dan setiap hari pada waktu makan siang dari Senin sampai Jumat dari jam 11.30 siang sampai 3 sore.

Pertandingan UEFA EURO 2016

Pertandingan-pertandingan yang akan digelar di stadion ini adalah:

1) Wales melawan Slovakia tanggal 11 Juni 2016 (Grup B)

2) Austria berhadapan dengan Hungaria tanggal 14 Juni 2016 (Grup F)

3) Belgia kontra Republik Irlandia tanggal 18 Juni 2016 (Grup E)

4) Kroasia melawan Spanyol tanggal 21 Juni 2016 (Grup D)

Selain pertandingan di atas, Stade de Bordeaux juga akan menggelar satu pertandingan perempat final.

Wah! Stade de Bordeaux keren banget, kan? Sekarang kita nantikan deh bakal seperti apa suasana pertandingan-pertandingan EURO yang akan diselenggarakan bulan depan ini!

(RF/ST/FM)

Baca Juga: 

Costa dan Mata Dicoret, Siapa Mampu Gantikan Peran Mereka Di Timnas Spanyol?

Pertandingan UEFA EURO 2016 akan Direkam Menggunakan Kamera Virtual Reality Nokia OZO!

Fakta dan Informasi Menarik Seputar Stadion UEFA EURO 2016: Stade de France

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close