Uncategorized

Fakta dan Informasi Menarik Seputar Stadion UEFA EURO 2016: Stade de France

Timnas Perancis akan membuka pertandingan UEFA EURO 2016 pada 10 Juni 2016. Les Bleus pun akan melawan Romania yang lolos ke EURO setelah menang 2-0 atas Irlandia Utara dan menjadi runner-up grup F.

Pertandingan pembuka ini akan diselenggarakan di Stade de France yang beralamat di Saint-Denis, sebelah utara Paris. Nah, mungkin kamu udah tahu siapa aja 23 pemain yang dibawa Didier Deschamps untuk turnamen ini. Tapi, kamu udah tahu belum informasi dan fakta menarik tentang stadion ini?

Tim PalingBaru sudah mengumpulkan berbagai informasi mengenai Stade de France dan merangkumnya buat kamu. Jadi, ketika yang lain hanya ngomongin pemain, kamu bisa nambahin obrolan dengan membahas stadionnya juga!

Pengetahuan Dasar

Stadion ini mulai dibangun pada tahun 1995 dan selesai pada tahun 1998Michel Macary, Aymeric Zublena, Michel Regembal, dan Claude Constantini adalah empat orang Perancis yang mengarsiteki pembangunan stadion yang awalnya ditujukan untuk venue Piala Dunia 1998 ini.

Dalam pembangunannya, Stade de France menelan biaya sebesar 383 juta dolar. Stadion ini mampu menampung 81.338 orang dan menjadi stadion terbesar di Perancis dan ke-5 di EropaDi tempat ini juga Perancis merayakan gelar juara Piala Dunia 1998.

Selain untuk pertandingan sepakbola, stadion ini juga bisa dipakai venue olahraga rugby, bahkan konser musik. Beberapa konser besar yang pernah diadakan disini adalah konser AC/DC, Rihanna dan David Guetta, dan U2. Beyonce dan Rihanna juga akan menggelar konser di tempat ini setelah gelaran EURO berakhir.

Arsitektur

Jarak terdekat antara tempat duduk penonton dengan lapangan hanya 15 meter, sedangkan yang terjauh adalah 85 meter. Selain dilengkapi dua layar besar berukuran 120m², hal lain yang membuat Stade de France istimewa adalah atapnya yang bisa bergerak dan mampu menutup area seluas 6 hektar.

Kaca di bagian dalam atap mampu menangkis infra merah. Satu lagi yang membuat arsitektur Stade de France istimewa: 15 meter pertama dari bangku penonton terdepan (terdiri dari 20.000 bangku) bisa ditarik ke belakang untuk dijadikan stadion cabang olahraga atletik dengan 70.000 kursi.

Stade de France adalah stadion pertama di dunia yang bisa melakukan itu.

Bagian Dalam Stade de France (sumber: www.varzesh11.com)

Pertandingan Pertama

Sebelum menjadi battlefield antara Brazil melawan Skotlandia pada pembukaan Piala Dunia 1998, Perancis terlebih dulu menjamu Spanyol dalam sebuah laga persahabatan.

Pencetak Gol Pertama

Zinedine Zidane adalah pemain sepakbola pertama yang menyarangkan gol di gawang Stade de France pada laga persahabatan tersebut.

Fasilitas

Seperti di berbagai stadion besar Eropa, Stade de France juga dilengkapi fasilitas seperti museum. Bukan hanya memamerkan berbagai foto, video, dan berbagai piala yang telah diraih timnas Perancis, tapi juga dokumentasi apik tentang kronologi dan statistik yang berkaitan dengan pembangunan stadion.

Salah satu video yang sering dimainkan adalah dua gol kemenangan Zidane di masa injury time ketika melawan Inggris di EURO 2004.

Zidane Mencetak Gol Kemenangan Atas Inggris di EURO 2004 (sumber: www.thesun.co.uk)

Selain museum, ada juga fasilitas restoran yang cukup lengkap, salah satunya, Le Nôtre ‘Le Panoramique’. Bagi kamu yang pengen makan malam sambil nonton sepakbola di akhir pekan, ini adalah salah satu restoran terbaik buat melakukannya! Tapi, tentu saja kamu harus reservasi.

Le Nôtre ‘Le Panoramique’ (sumber: www.lenotre.com)

Kemudahan Akses

Stade de France adalah salah satu stadion terbaik dunia yang memperhatikan perkembangan jaman melalui pengintegrasian teknologi ke dalam program yang memudahkan para penonton atau pengunjung stadion.

Kamu bisa mengunduh aplikasi Stade de France di Android sama iOS. Dalam aplikasi ini kamu bisa membeli tiket pertandingan, mengetahui transportasi terdekat, bahkan membeli tempat parkir untuk kendaraanmu.

Dengan kapasitas besar, arsitektur yang mumpuni, fasilitas kelas A, dan kemudahan akses, wajar bila Stade de France nantinya akan lebih dari siap untuk menjadi tempat upacara pembukaan dan penutupan UEFA EURO 2016. (RF/ST/FM)

Baca Juga: 

“This One’s For You”, Lagu Resmi UEFA EURO 2016 Sudah Dirilis!

Hotel Terdekat Untuk Menyaksikan UEFA EURO 2016, Best Western Hotel Riviera!

Nike Training Club (NTC) Tularkan Sport’s Spirit kepada 900 Wanita!

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close