Uncategorized

Fakta dan Informasi Menarik Seputar Stadion UEFA EURO 2016: Stade de Nice

Hatem Ben Arfa adalah salah satu pemain sayap terbaik di Ligue 1. Pemain ini juga yang mengantarkan OGC Nice ke peringkat 4 besar. Salah satu gol terbaiknya musim 2015/2016 terjadi ketika melawan Stade Rennais FC di Stade de Nice, kandang OGC Nice. Seluruh pendukung di stadion pun bergemuruh. Ben Arfa memang tidak masuk skuat timnas Perancis untuk EURO 2016, sesuatu yang sangat disayangkan.  Tapi, Stade de Nice tetap akan jadi saksi meriahnya pesta akbar sepakbola benua biru tersebut.

Pengetahuan Dasar

Stade de Nice punya nama lain, yaitu, Allianz Riviera. Karena urusan sponsor, UEFA memilih nama Stade de Nice. Stadion yang terletak di kota Nice, ibukota French Riviera, adalah salah satu stadion baru Perancis. Dibuka secara resmi pada tahun 2013, Stade de Nice merupakan pengganti Stade du Ray yang dibangun tahun 1952.

Stade de Nice yang bisa menampung hingga 35,624 tempat duduk ini dulunya sempat mengalami penundaan, lho. Proyek awal Stade de Nice ditinggalkan begitu saja pada tahun 2002 dan 2006. Baru setelah UEFA menyatakan bahwa Perancis akan menjadi tuan rumah EURO 2016, proyek ini dilanjutkan kembali.

Layaknya stadion-stadion Perancis yang sudah kami bahas sebelumnya, Stade de Nice juga bisa memiliki beragam fungsi. Selain sepakbola, pertandingan rugby, motorsport, dan tenis juga bisa diselenggarakan disini. Pertunjukan skala besar seperti konser dan opera pun juga bisa dilaksanakan di stadion yang disponsori oleh Allianz ini.

Arsitektur

Urusan desain arsitektur Stade de Nice diserahkan kepada Wilmotte & Associés yang juga bertanggungjawab atas stadium Kaliningrad di Rusia. Setelah ditinggalkan pada 2002 dan 2006, perencaan Stade de Nice dimulai lagi dari awal di tahun 2010. Konstruksinya sendiri dibangun setahun kemudian. Stadion ini dibangun dengan estimasi dana sebesar 245 juta Euro, sebagian dari dana publik, sebagian lagi swasta.

Arsitekturnya mengadopsi prinsip pembangunan berkelanjutan dengan menggunakan struktur metal dan kayu yang 100% daur ulang. Konsep stadion yang terlihat ringan dengan desain terbuka memang telah menjadi karakteristik stadion-stadion modern di dunia.

Konstruksi Stade de Nice Terbuat dari Kayu dan Metal 100% Daur Ulang (sumber: batiweb.com)

Keseluruhan konsep yang sustainable ini juga diaplikasikan ke praktek sehari-hari, terutama ketika musim pertandingan. Misalnya, tiket bisa kamu beli secara online dan untuk masuk ke stadion kamu tinggal scan tiket yang sudah kamu cetak tersebut.

Pertandingan Pertama

Pertandingan pertama yang digelar di Stade de Nice adalah antara Nice dan Valenciennes (4-0) pada 22 September 2013.

Suasana Stade de Nice Ketika Pertandingan (sumber: fanzone.nice.fr)

Pertandingan UEFA EURO 2016

Ini daftar pertandingan UEFA EURO 2016 yang akan digelar di Stade de Nice:

1) Polandia melawan Irlandia Utara pada 12 Juni 2016 (Grup C)

2) Spanyol kontra Turki pada 17 Juni 2016 (Grup D)

3) Swedia berhadapan dengan Belgia pada 22 Juni 2016 (Grup E)

4) Babak 16 Besar (runner up Grup B melawan runner up Grup F) pada 27 Juni 2016

Nah, Stade de Nice memang belum menjadi penyelenggara pertandingan elit dunia. Maka, kamu wajib pantau ketika EURO nanti akan seperti apa kemeriahan yang terjadi di stadion ini!

(RF/ST/FM)

Baca Juga: 

Fakta dan Informasi Menarik Seputar Stadion UEFA EURO 2016: Parc des Prince

Fakta dan Informasi Menarik Seputar Stadion UEFA EURO 2016: Stade de Bordeaux

Fakta dan Informasi Menarik Seputar Stadion UEFA EURO 2016: Stade de France

Fakta dan Informasi Menarik Seputar Stadion UEFA EURO 2016: Stade Vélodrome

Fakta dan Informasi Menarik Seputar Stadion UEFA EURO 2016: Stade Bollaert-Delelis

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close