Uncategorized

Fakta dan Informasi Menarik Seputar Stadion UEFA EURO 2016: Stade Vélodrome

Seringkali, semakin tua sebuah stadion, maka semakin bersejarah stadion tersebut. Biasanya stadion itu telah menjadi saksi dari banyak sekali pertandingan atau turnamen penting. Nah, stadion tertua Perancis tempat diselenggarakannya UEFA EURO 2016 adalah Stade Vélodrome. Yuk, kita bahas lebih lanjut tentang stadion ini!

Pengetahuan Dasar

Stade Vélodrome dibuka tahun 1937 dan punya nama resmi Le Nouveau Stade Vélodrome. Stadion ini dibangun sebagai venue Piala Dunia 1938. Sejak itu, klub sepakbola Perancis yang berlaga di Ligue 1, Olympique de Marseille (OM), menggunakan stadion ini sebagai kandang mereka.

Stadion yang terletak di Marseille, sebuah kota di pesisir selatan Perancis, ini pernah menjadi tempat ‘bertempurnya’ punggawa timnas Italia dan Norwegia (2-1) di pertandingan pembuka Piala Dunia 1938. Pertandingan antara Italia melawan Brazil di babak semifinal (2-1) juga diadakan di stadion yang kini berkapasitas 67.000 kursi ini.

Stade Vélodrome juga menjadi tuan rumah tujuh pertandingan Piala Dunia 1998, antara lain, Belanda lawan Argentina (2-1) di perempat final dan Brazil kontra Belanda (4-2 pen.) di babak semifinal. EURO 1984 juga diadakan di Perancis dan Stade Vélodrome menjadi saksi ‘pertarungan’ antara Portugal melawan Spanyol (1-1) dan Perancis berhadapan dengan Portugal (3-2) di babak semifinal.

Selain sebagai venue olahraga sepakbola, Stade de Vélodrome juga menjadi tempat bertandingnya cabang olahraga rugby, misalnya, Piala Dunia Rugby di tahun 2007. Stadion multifungsi ini juga bisa dipakai untuk konser musik, salah satunya, konser grup rock AC/DC pada 13 Mei 2016 lalu.

Suasana Stade Vélodrome di Malam Hari Ini (sumber: www. perennialunderachievers.com)

Arsitektur

Stade Vélodrome didesain oleh arsitek Perancis bernama Henri Ploquin. Awalnya, stadion ini juga digunakan untuk arena lomba sepeda (Velodrome berarti balap sepeda), atletik, bahkan motorsport. Kapasitas awal dari Stade Vélodrome adalah 30.000 hingga 35.000. Seiring waktu tempat ini pun diperluas beberapa kali selama abad ke-20, termasuk ketika menjadi tuan rumah UEFA EURO 1984.

Perubahan yang paling kentara adalah ketika menjelang Piala Dunia 1998. Kapasitas stadion ditingkatkan menjadi 60.000 kursi. Nah, sebagai salah satu tuan rumah UEFA EURO 2016, Stade Vélodrome juga kembali berbenah menjadi stadion yang jauh lebih modern.

Sebelumnya, Stade Vélodrome banyak dikritik karena tidak memiliki atap. Untuk keperluan UEFA EURO 2016, akhirnya stadion ini menambahkan atap. Selain untuk perlindungan bagi penonton, atap ini juga memberi kesan modern pada stadion. Selain itu, kapasitasnya juga ditingkatkan menjadi 67.394 kursi.

Stade Vélodrome Sebelum Renovasi Tahun 2014 (sumber: www.stadiumguide.com)

Stade Vélodrome mendapat status “UEFA Elite Stadium”. Kelebihan lain yang menyertai status ini adalah adanya kursi VIP yang lebih banyak dan beberapa lounge keren berstandar tinggi. Meski bergerak ke arah yang lebih modern, keempat tribun stadion tetap didedikasikan untuk para legenda. Mereka adalah Jean Bouin (pelari tahun 1880an), Gustave Ganay (pesepeda tahun 1920an), Chevalier Roze (figur bersejarah dari tahun 1720an), dan Patrice De Peretti (pendukung setia Marseille yang meninggal di tahun 2000).

Pertandingan Pertama

Stade Vélodrome secara resmi dibuka dengan pertandingan persahabatan antara Marseille melawan klub Italia, FC Torino, pada 13 Juni 1937.

Fasilitas

Selain kemudahan akses, Stade Vélodrome menawarkan Private Box berisi 16 kursi yang nyaman dengan suasana tenang dan mewah. Dari area premium ini kamu bisa menikmati pertandingan sepakbola sambil menyantap hidangan kelas satu.  Disini tersedia open bar buat kamu yang ingin menikmati champagne maupun cocktail.

Fasilitas berikutnya adalah untuk Kelas Bisnis. Tempat dudukmu ada di bagian yang strategis, yaitu, di tribun tengah (Tribun Jean Bouin atau Ganay). Kalau kamu memilih kelas ini, kamu juga bisa menikmati cocktail atau minuman lain di dalam lounge Kelas Bisnis.

Pertandingan UEFA EURO 2016:

Pertandingan-pertandingan yang akan digelar di stadion ini adalah:

1)  Inggris melawan Rusia tanggal 11 Juni 2016 (Grup B)

2) Perancis kontra Albania tanggal 15 Juni 2016 (Grup A)

3) Islandia berhadapan dengan Hungaria tanggal 18 Juni 2016 (Grup F)

4) Ukraina melawan Polandia tanggal 21 Juni 2016 (Grup C)

Selain pertandingan di penyisihan grup di atas, Stade Vélodrome juga akan menjadi tuan rumah satu pertandingan perempat final dan semifinal.

Nah, kalau kamu masih penasaran seperti apa atmosfer Stade Vélodrome ketika musim pertandingan, berikut ini ada video yang bisa kamu tonton. Setelah nonton video ini, kamu pasti bisa bayangkan akan sekeren apa suasana pertandingan EURO nanti atau malah kamu pengen datang langsung ke Stade Vélodrome! Hehe..

(Courtesy: Gallineof)

(RF/ST/FM)

Baca Juga: 

Fakta dan Informasi Menarik Seputar Stadion UEFA EURO 2016: Stade de France

Fakta dan Informasi Menarik Seputar Stadion UEFA EURO 2016: Stade de Bordeaux

Fakta dan Informasi Menarik Seputar Stadion UEFA EURO 2016: Stade Bollaert-Delelis

Cara Baru Nonton Pertandingan dan Behind The Scenes UEFA EURO 2016 Pakai Smartphone!

Costa dan Mata Dicoret, Siapa Mampu Gantikan Peran Mereka Di Timnas Spanyol?

 

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close