News & InformationScience

Fakta Ilmiah Dibalik Bulu Kuduk Berdiri “Merinding”

Palingbaru– Pernahkah enggak kalian berada di tempat yang gelap sepi sendiri, lalu tiba-tiba kamu bergidik atau merinding ?

Kalau udah gini, biasanya pasti muncul perasaan nggak enak ya. Malahan ada yang bilang kalau bulu kuduk berdiri tandanya ada mahluk gaib di sekitar kita.

Tapi ada fakta ilmiahnya mengapa tubuh kita seperti itu.

Ilustrasi

Dilansir dari Scientific American, merinding terjadi ketika seseorang berada dalam ketakutan. Ketika dalam posisi ini, otak otomatis mengaktifkan mode siap siaga pada situasi yang terjadi. Kemudian, tubuh akan memproduksi hormon adrenalin yang dihasilkan kelenjar yang berada di atas ginjal.

Karena proses tersebut, otot-otot kecil yang berada di folikel rambut pada kulit akan bereaksi. Sehingga rambut-rambut halus pada permukaan kulit lengan ataupun kaki menjadi tegak. Makanya, banyak orang menyebut hal ini dengan “Bulu Kuduk Berdiri”.

Secara alamiah, ketika kondisi seperti ini terjadi bertujuan untuk memanaskan otot-otot tubuh sehingga bisa bergerak apabila anda terancam dari bahaya. Dalam bahasa medis, hal ini juga bisa disebut dengan refleks promotor.

Namun, refleks promotor ini juga bisa mengindikasikan penyakit tertentu juga lho. Ketika kamu tidak menghadapi hal-hal tertentu yang membuatmu cemas, tiba-tiba kamu merasa merinding, maka kamu patut waspada.

Ilustrasi

Bukan karena ada mahluk ghaib lho ya. Hal ini justru menandakan tubuhmu sedang dalam kondisi tidak baik. Gangguan ini menandakan penyakit seperti influenza, gastroenteris, hingga radang paru-paru.

Tapi nggak selalu mengindikasikan penyakit kok, ketika kamu merinding tiba-tiba bisa saja suhu udara disekitarmu menjadi dingin. Misalnya, seperti angin tiba-tiba berhembus di sekitarmu. Sehingga tubuhmu menjadi merinding.

Jadi mulai sekarang jangan mikir aneh-aneh ya kalau mendadak tubuh mu merinding.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close