News & InformationScience

Fakta Seputar Penyebab Jatuhnya Pesawat, Dari Human Error Hingga Alam   

Hari ini tersiar kabar pesawat Lion Air JT 610 dengan rute Jakarta menuju Pangkal Pinang terjatuh di laut Karawang, Jawa Barat. Hingga saat ini belum diketahui penyebab yang pasti atas peristiwa jatuhnya pesawat tersebut, namun, palingbaru akan sedikit mengulas beberapa penyebab mengapa pesawat bisa terjatuh.

Angin

Angin bisa menjadi penyebab jatuhnya pesawat. Angin yang berhembus dari berbagai arah mampu membalikkan pesawat. Hal tersebut bisa terjadi karena angin memiliki kemampuan untuk menghilangkan udara yang berada disekitar sayap pesawat. Sehingga pesawat akan kehilangan kecepatan ketika berada pada ketinggian tertentu. Bahanya lagi adalah microbust yakni aliran udara yang mendadak kuat dan terlokalisasi.

Kesalahan Teknis

Ketika pilot berada pan kondisi tertentu yang menyebabkan jarak pandang pilot hanya 75 meter, teknologi lah yang akan mem-back up penglihatan pilot. Namun pada suatu peristiwa, hal tersebut menyebabkan kesalahan teknis yang berakibat mendaratnya peswat pada tempat yang tidak tepat. Sebagai contoh kecelakaan peswat Lufthansa A320-211 milik maskapai Jerman yang menabrak bukit di ujung landasan Bandara Chopim Warsawa, Polandia, akibat kesalahn teknis.

Kondisi Pilot yang Kurang Baik

Kondisi seorang pilot akan sangat mempengaruhi keselamatan penumpang dan awak pesawat. Seorang pilot yang kelelahan dan kurang tidur yang terjaga selama 17 jam tanpa henti, setara dengan darah yang mengandung alkohol 0,5 %. Pilot diharuskan untuk berkonsentrasi penuh terutama selama tiga menit saat akan lepas landas maupun mendarat, karena 80% kecelakaan pesawat terjadi pada situasi ini.

Bahasa

Bahasa Inggirs memang menjadi bahasa standar yang dipakai di seluruh industri penerbangan. Namun, terkadang aksen yang dipakai menimpulkan miskomunikasi. Hal ini akan menyebabkan kecelakaan fatal terutama saat mendarat, apalagi jarak pandang pilot terbatas.

Demikian, beberapa fakta mengenai penyebab fakta jatuhnya pesawat, ini adalah sebagian saja. Tentu saja, masih banyak kemungkinan yang dapat terjadi, diluar penyebab diatas.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close