I Like ItTau Gak Sih?

Fakta Tentang Tabebuya yang Mampu Menaikan Image Kota

PalingBaru- Belakangan netizen sedang ramai membicangkan tanaman Tabebuya. Iya tentu saja ini dipicu beberapa foto dan video yang memperlihatkan tanaman ini sedang mekar dan tampak indah menghiasai kota Surabaya.

Fenomena ini menjadi viral di media sosial, hingga sejumlah media menurunkan laporannya, karena kota Surabaya terlihat seperti kota di negara Jepang dan Korea.

Nah, kali ini paling baru mengupas beberapa fakta tentang tanaman Tabebuya, yang perlu kamu tahu :

Walaupun dikenal dengan sebutuan bunga Sakura, tanaman Tabebuya bukan berasal dari Jepang lho. Tanaman ini justru berasal dari Brasil, sehingga mudah ditanam di Indonesia yang beriklim tropis.

Kota Surabaya dengan tanaman Tabebuya, sumber foto instagram.com/adeliyaan

Surabaya bukan satu satunya kota atau daerah yang menanam tanaman ini di Indonesia, sebut saja Magelang, Purwokerto, Kediri, Batu, maupun Sumenep Madura, juga menjadikan tanaman Tabebuya sebagai Hiasan kota.

Tabebuya, bukan sekedar tanaman hias kota, namun juga berfungsi menyerap racun di udara sehingga cocok menjadi tanaman peneduh di pinggir jalan atau di halaman rumah.

Meskipun tanaman berkayu dan bisa tumbuh hingga ketinggian 7 meter, namun akar Tabebuya tidak merusak tanah atau bangunan yang ada disekitar tempatnya tumbuh.

Tabebuya memiliki beberapa jenis warna bunga, yaitu kuning, putih, pink, dan ungu. Daun dan bunganya tidak mudah rontok.

Tanaman ini sebenarnya berbunga sepanjang tahun. Tapi mencapai puncaknya pada bulan Oktober-November atau memasuki musim hujan. Pada puncak musim berbunga, bunga Tabebuya akan tampak sangat dominan dan mengalahkan daunnya.

Tanaman Tabebuya Menghiasi Kota Surabaya. Sumber foto Instagram.

Meskipun bukan asli tanaman Indonesia, namun bibit pohon ini sangat mudah dicari atau dibeli, baik secara online maupun offline.

Nah, itu dia sahabat Pibi, beberapa fakta tentang tanaman Tabebuya yang sedang banyak dibincangkan karena keindahan bunganya yang mampu menaikan image sebuah kota.

By Diane Suryaman

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close