I Like ItTau Gak Sih?

Fakta Unik Hotel Majapahit. Saksi Bisu Perjuangan Pahlawan Indonesia

PalingBaru- Hari ini di seluruh Indonesia memperingati Hari Pahlawan Nasional. Taukah kamu, ada sebuah bangunan yang menjadi saksi bisu pejuangan pahlawan Indonesia memperebutkan kemerdekaan, yang hingga saat ini masih berdiri.

Dialah Hotel Majapahit yang terletak di Jalan Tunjungan, Surabaya, Jawa Timur. Lokasi ini adalahtempat perobekan bendara belanda oleh Pemuda-pemudi Indonesia.

Berawal dari kisah W.V.Ch. Ploegman dan kawanannya mengibarkan bendera belanda pada tiang tingkat teratas Hotel Majapahit yang saat itu bernama Hotel Yamato.

Pemasangan bendera belanda tersebut tanpa persetujuan Pemerintah RI dan menyebabkan para pemuda Indonesia naik pitam. Hingga akhirnya mereka menyerang para belanda di hotel tersebut dan melakukan perobekan bendera belanda.

Hotel Majapahit mulanya bernama Hotel Oranje pada tahun 1910, kemudian ketika Indonesia dikuasai oleh Jepang hotel tersebut berganti nama Hotel Yamato, tepatnya pada tahun 1942.

Kemudian pada tahun 1945 hotel ini berganti nama menjadi Hotel Merdeka mengingat hotel ini menjadi saksi bisu ketika arek-arek suroboyo menyobek bendera Belanda.

Kemudian pada tahun 1996, hotel ini berganti nama lagi menjadi hotel Mandarin Oriental Hotel Majapahit karena dibawah kepemilikan orang mandarin.

10 tahun kemudian CCM Group, perusahaan korporasi terkemuka di Indonesia mengambil alih hotel tersebut, dan namanya berganti menjadi Hotel Majapahit hingga sekarang.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close