News & InformationSport

Fakta Unik Tentang Asian Paragames 2018

Hai.. sudah lihat Pembukaan Asian Paragames 2018 ? Seru, unik, keren,  sekaligus mengharukan ya.. Asian Paragames adalah kompetisi olahraga se Asia khusus untuk penyandang disabilitas. Ajang bergengsi ini menunjukkan kalau penyandang disabilitas juga bisa mengukir prestasi di bidang olahraga.

Sebagai hajatan olahraga yang istimewa, maka banyak keunikan dalam Asian Paragames ini. Apa saja, simak fakta menarik Asian Paragames berikut ini.

Upacara Pembukaan

Asian Paragames 2018 di stadion Gelora Bung Karno dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Penampilan memukau berbagai atraksi tidak lupa terselip doa untuk para korban gempa di Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah. Ada juga aksi Presiden bersama atlet panahan yang mengharukan penonton.

Medali

1_as.jpg

Meski sama-sama 3 jenis (emas, perak, dan perunggu) ada perbedaan unik. Medali Asian Paragames 2018 juga dibuat bisa berbunyi gemerincing. Medali berupa lempengan berongga dan berisi bola-bola kecil nan imut. Masing-masing jenis medali isinya berbeda sehingga bunyinya juga akan berbeda antara medali emas, perak,  dan perunggu. Tulisan pun dibuat bersahabat bagi penyandang tuna netra. Yes.. tulisannya berupa huruf braile yang timbul.

Sarana Transportasi

2_as.jpg

Bagi atlet Asian Paragames disediaka  alat transportasi gratis yang sudah disesuaikan desainnya untuk para disabilitas. Alat transportasi Transjakarta ini juga disediakan gratis.

Cabang Olahraga

Ada 18 cabang olahraga yang bakal diikuti oleh peserta dari 43 negara di Asia. Pertandingan akan berlangsung di beberapa arena yang tersebar di wilayah Jakarta dan Jawa Barat

Merchandise

3_as.jpg

Seperti Asian Games dan kompetisi lainnya, Asian Paragames 2018 juga punya merchandise unik. Berbagai macam bentuk suvenir tersedia. Mulai tas aneka bentuk, mug, kaos, buku, jaket dilengkapi maskot dan logo Asian Paragames 2018. Harganya mukai 50.000 sampai 900.000an.

Tiket

Tiket untuk nonton meskipun harganya terjangkau sekitar 25.000 untuk setiap event,pembeliannya dilayani secara online. Pastikan kebagian tiket cabang olahraga favoritmu ya..

Nah dengan berbagai keunikan Asian Paragames 2018 ini sayang kan kalau dilewatkan.. Bagi yang gak sempat nonton, bisa berpartisipasi dalam hal lain kok. Doakan para atlet Indonesia berjaya dengan merebut banyak medali emas.

By. Diane Suryaman

 

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close