Menikmati pemandangan luas dari balik jendela ketika sedang berkendara dengan mobil menjadi pengalaman yang menyenangkan. Iya kan, PiBi? Melihat bukit-bukit, pepohonan, danau, laut, dan pemandangan lain menjadi saat yang menenangkan, terutama saat kita dalam perjalanan liburan.

Tapi, tidak semua bisa merasakan pengalaman itu, lho. Bagaimana dengan teman-teman kita para penderita tuna netra?

Nah, untuk memberikan pengalaman yang sama dengan kita, Ford baru saja meluncurkan fitur Feel The View untuk jendela mobil. Feel The View ini mengizinkan penderita tuna netra untuk ‘melihat’ pemandangan di luar jendela!

Wah, gimana caranya ya?

Feel The View dari Ford ini mengubah pemandangan di luar jendela yang di-capture menggunakan kamera built-in menjadi 27 titik hitam. 27 titik ini yang akan menggambarkan segala yang bisa kita lihat secara normal. Titik-titik hitam itu membentuk rangkaian bahasa baru untuk para penderita tuna netra untuk bisa menikmati pengalaman yang sama dengan kita, PiBi.

Belum paham?

Jadi gini, PiBi. Fitur baru dari Ford ini menyusun 27 titik hitam dari gambar pemandangan yang terpotret menggunakan kamera built-in pada Feel The View, lalu mengubahnya menjadi gambar hitam putih. Setelah itu, setiap warna diterjemahkan menjadi 255 level vibrasi pada kaca mobil dengan intensitas berbeda-beda. Sehingga, penderita tuna netra bisa merasakan pengalaman seolah melihat sendiri pemandangan di luar jendela tersebut.

Feel The View juga dilengkapi dengan vocal assistant berupa artificial intelligence online yang terkoneksi dengan sistem audio pada mobil. Suara itu akan mendeskripsikan gambar menjadi konteks yang dipahami oleh teman-teman tuna netra.

Vocal assistant tersebut juga akan memberikan efek suara alam sehingga mereka bisa merasakan pemandangan dengan Feel The View secara lebih nyata, PiBi. Keren, ya?

Feel The View dilengkapi dengan kamera, LED, artificial intelligence, dan vibrasi, semuanya untuk memberikan pengalaman yang sama bagi penderita tuna netra layaknya kita yang bisa melihat secara normal.

Teknologi yang semakin canggih membuat kita tidak memiliki keterbatasan ya, PiBi. Salut deh buat Ford!

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar