News & InformationScience

Gas Helium Terancam Langka, Begini Kata Para Ilmuwan

Palingbaru – Sahabat Pibi mungkin sudah sadar kalau tiap hari sumber daya alam makin menipis, karena tiap hari kita menggunakannya dengan sedikit banget upaya daur ulangnya.

Dari sekian banyak bahan alam yang mulai langka, kali ini giliran satu gas alam bernama Helium yang dikabarkan menuju kelangkahan.

Gas ini tentu penting bagi kehidupan manusia, seperti di bidang kedokteran, helium digunakan untuk pemindaian dalam alat Magnetic resonance imaging (MRI) yang beguna untuk pemeriksaan penyakit dalam tubuh manusia.

Sebagaimana dikutip dari The Independent bahwa harga gas ini telah naik turun 500 persen dalam 15 tahun terakhir.

Atas kelangkaan ini, seorang profesor dari Universitas St Andrews bernama David Cole-Hamilton, mendesak masyarakat agar tidak menggunakan  balon helium pada acara-acara pesta, karena gas ini dibutuhkan untuk pemindai MRI dan aktivitas penyelaman lautan yang dalam.

Sayangnya, tak ada cara kimia yang bisa memproduksi helium tersebut. Sehingga langkah yang paling bisa ditempuh untuk menghadapi kelangkahan ini ialah dengan penghematan.

Masih menurut Cole-Hamilton, pasokan helium dunia akan habis dalam 10 tahun lagi. Kelangkahan helium ini menurutnya bisa dipecahkan dengan cara hidup baru yang menyelamatkan, yakni tidak menggunakan balon helium pada acara pesta.

Sementara itu, bumi punya waktu sekitar 6 tahun untuk menjaga pasokan helium ini. Lokasi pemasok yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut ada di sebuah tempat tambang di Tanzania.

 

by. Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close