Gaun-gaun cantik biasanya terbuat dari bahan kain yang menampilkan kesan mewah dan elegan. Misalnya, satin dan sutra. Namun, berbeda dengan gaun-gaun indah ini yang dibuat dari sampah. Tepatnya, sampah botol plastik.

Botol plastik yang dibuat menjadi gaun cantik ternyata sudah pernah dilakukan oleh brand Adidas dan H&M nih, PiBi. Tapi, kali ini desainer Tracy Reese bekerjasama dengan seniman konseptual, Mel Chin, menggunakan gaun dari botol plastik ini untuk meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan.

Botol-botol plastik itu mereka dapatkan dari Flint, Michigan. For your information nih, PiBi, ribuan warga Flint tidak bisa menikmati air bersih sejak 2014. Sampai saat ini, warga Flint, Michigan masih harus mengeluarkan uang 22.000 USD setiap hari untuk mendapatkan kebutuhan air bersih mereka dengan wadah botol plastik.

Karena banyaknya botol plastik ini, Tracy dan Mel mengumpulkan 90.000 botol untuk membuat koleksi pakaian yang mereka namai Flint Fit Collection.

Botol-botol plastik itu diubah menjadi kain dan dijahit menggunakan serat plastik daur ulang untuk dijadikan gaun-gaun cantik.

Tidak hanya mengubah botol plastik menjadi gaun, Tracy dan Mel juga melakukan produksi pakaian itu di pabrik tekstil khusus. Pabrik tekstil tersebut mempekerjakan dan melatih korban kekerasan dan kemiskinan untuk mendapatkan keterampilan.

Wah, bisa dibilang bahwa gaun-gaun ini benar-benar istimewa dan kaya makna ya, PiBi.

Jenis pakaian yang diproduksi dalam Flint Fit Collection sebanyak 70 model. Tracy membuat desain semua pakaian itu terinspirasi dari kejadian di Flint, Michigan. Misalnya, ada jenis yang cocok untuk pekerja industri. Hal itu sesuai dengan latar belakang Flint yang merupakan kota industri.

Ada pula jenis baju renang yang dibuat dari kain vinil dan diberi warna biru laut. Vinil berwarna biru menggambarkan refleksi air yang menjelaskan kondisi kurangnya air di Flint, Michigan.

Namun sayangnya pakaian dalam Flint Fit Collection ini tidak dijual secara komersil. Melainkan hanya dipertunjukkan dalam pameran bertajuk All Over The Place. Pameran tersebut baru saja dilakukan pada 8 April 2018 yang lalu di Queens Museum New York.

Kalau pakaian ini dijual, kira-kira kamu tertarik nggak, PiBi?

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar