Pengguna iPhone yang mengunci layar ponsel mereka pasti memiliki alasan tersendiri. Salah satu di antaranya pasti karena tidak ingin orang lain mengetahui isi ponsel mereka. Lalu, apa jadinya jika ada sebuah alat pembuka kunci iPhone?

Waduh, pasti bahaya banget dong.

Tanpa kita sadari, kemungkinan itu akan segera muncul nih, PiBi. Sebuah perusahaan startup, Grayshift, kabarnya tengah mengembangkan alat yang bisa digunakan untuk membuka kunci layar iPhone! Katanya nih, perusahaan startup ini memiliki staf yang merupakan mantan teknisi Apple di bagian keamanan gadget.

Ya ampun, kok serem sih.

Menurut Mashable, Grayshift menamai alat itu Graykey. Graykey berupa kubus berukuran 4 insi dan memiliki kabel lightning di bagian depan.

Grayshift mengatakan Graykey bisa membuka perangkat iPhone dengan sistem operasi iOS 10 dan 11. Mereka sedang mengembangkan kompatibilitas dengan iOS 9 saat ini. Box itu juga bisa digunakan untuk membuka kunci layar iPhone 6 hingga iPhone X, dan beberapa perangkat iPad.

Alat pembuka kunci iPhone ini memiliki dua jenis varian, yaitu yang satu membutuhkan koneksi internet untuk membuka kunci layar iPhone sebanyak 300 kali dan dijual seharga 15.000 USD. Satu lagi seharga 30.000 USD dan bisa bekerja secara offline. Graykey yang lebih mahal ini juga tidak memiliki batas jumlah penggunaannya.

Memang sih, PiBi, harganya cukup mahal. Tapi kalau alat ini benar ada dan dimiliki oleh perusahaan besar yang membutuhkan data kita, tentu jadi menakutkan, kan?

Kabarnya nih, The Maryland State Police dan Indiana State Police di Amerika Serikat sudah membeli alat Graykey itu. Kemudian disusul oleh Miami-Dade Country Police yang kabarnya sedang berencana untuk membelinya.

Sementara, Secret Service berencana untuk membeli sebanyak 6 buah. Ketertarikan yang sama juga ditunjukkan oleh The Drug Enforcement Agency di Amerika Serikat.

Untuk membuka satu perangkat iPhone, dibutuhkan waktu 2 jam hingga 3 hari untuk memecahkan kode kunci layar satu iPhone. Semuanya tergantung pada tingkat kerumitan kode. Setelah berhasil dipecahkan, kode akan muncul pada layar dan iPhone bisa dibuka.

Graykey bisa membuka iPhone yang dalam keadaan mati dan bisa mengekstrak semua file dan sistem yang ada pada perangkat tersebut.

Waduh gimana nih, PiBi. Makin nggak aman dong data kita?

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar