Kalau hari ini sudah membuka laman pencarian terbesar di dunia, Google, pasti kalian menemukan Google Doodle bergambarkan seorang pria yang membawa buku dalam keadaan terbuka dengan gedung-gedung muncul dari dalam buku tersebut. Dalam gambar itu, pria tersebut juga dikelilingi oleh anak-anak kecil. Kalian tahu gak siapa beliau?

Tokoh dalam Google Doodle hari ini adalah George Peabody, yang dikenal sebagai filantropis modern pertama di dunia.

George lahir di South Danvers, Massachusetts pada 18 Februari 1795 dalam keadaan sangat miskin. Dia adalah anak ketiga dari delapan bersaudara. Karena keadaan finansial keluarganya yang sangat miskin itu, kedua orangtuanya hanya bisa membiayai sekolahnya hingga 4 tahun saja. Pada usia 11 tahun, ia sudah harus bekerja di sebuah toko.

Belum lagi, pada 1811, ayahnya meninggal dunia dalam keadaan terbelit hutang besar. Sehingga, memaksa keluarga George untuk menjual rumah dan barang-barang kepemilikan mereka. George pernah berkata bahwa ia tidak akan melupakan kekurangan finansial yang mereka alami pada tahun-tahun awal kehidupannya. Kasihan ya PiBi.

Setelah itu, ia memutuskan untuk pindah ke Washington DC dan membuka toko barang kebutuhan di Georgetown. Saat dia bergabung dengan tentara AS pada 1812, ia sangat beruntung karena bertemu dengan pedagang yang mengajaknya menjadi partner bisnisnya, yaitu sebagai importir barang kebutuhan. Dalam tiga tahun, bisnis tersebut sukses dan Peabody bisa membayar hutang-hutang sang ayah dan memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.

Dengan kesuksesannya, George tidak menikmatinya sendiri lho. George memilih untuk menggunakan uangnya untuk kegiatan filantropi. Antara lain membuat perpustakaan, galeri seni, dan akademi musik. Dia juga menyumbang sebuah museum sejarah dan perpustakaan di Danvers (yang kemudian berubah nama menjadi Peabody, mengikuti nama George), museum sejarah alam di Universitas Yale, dan museum arkeologi di Universitas Harvard. Keren, kan?

Tak berhenti sampai di situ saja, George juga membuat Peabody Education Fund dengan 2,1 juta USD untuk membenahi sekolah di West Virginia dan 11 negara bagian lain. Peabody Education Fund aktif selama 47 tahun untuk memperbaiki pendidikan dan sarana sekolah, serta membiayai pelatihan para guru.

George Peabody meninggal dunia pada 4 November 1869 di London, Inggris.

Kebaikan hati George tersebut yang membuat Google memasang dirinya sebagai tokoh dalam Google Doodle hari ini. Gimana, sudah termotivasi dengan perjuangan dan kebaikan hati George?

 

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar