Kamu sudah tahu belum kalau pada tanggal 31 Januari 2018 besok akan ada fenomena alam yang jarang terjadi sebelumnya, yaitu Gerhana Super Blue Blood Moon. Yap, fenomena tersebut merupakan gerhana bulan total karena posisi matahari, bumi, dan bulan berada dalam satu garis. Saat itu juga, posisi bulan adalah yang paling dekat dengan bumi.

Menurut bidang keilmuan meteorologi, fenomena langka ini akan terjadi pada 100 tahun yang akan datang. Maka dari itu, tidak sedikit orang yang ingin mengabadikan momen tersebut dengan cara mereka masing-masing. Diperkirakan gerhana bulan akan terjadi pada pukul 17.49 WIB dan puncak gerhana akan terjadi pada pukul 20.29 WIB. Namun, momen puncak tersebut tidak berlangsung lama dan akan berakhir pada pukul 21.08 WIB.

Tapi selepas pukul 21.08 WIB, kamu masih bisa kok menyaksikannya hingga pukul 23.09 WIB. Menurut informasi yang dihimpun, total durasi gerhana berlangsung selama 5 jam 20 menit. Sayangnya tidak semua wilayah di Indonesia bisa merasakan visibilitas gerhana bulan secara utuh. Adapun wilayah yang mendapat visibilitas adalah Pulau Sumatra, Pulau Jawa, serta sebagian Pulau Kalimantan.

Sampai saat ini, antusias masyarakat untuk menyaksikan momen langka ini sangat tinggi, PiBi. Sehingga banyak pihak yang menyediakan area khusus untuk melihat beramai-ramai. Kendati aman dan beramai-ramai, kamu harus tetap waspada dan hati-hati ya, PiBi. Sebab, ini adalah momen langka yang belum pernah kamu temui sebelumnya. Bisa saja ada peristiwa yang tak terduga, Mugen Tsukuyomi misalnya.

Selain itu semua, beberapa pihak terkait juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar tidak termakan isu atau pun mitos-mitos yang tidak terpercaya sumbernya. Lebih baik mengikuti panduan dari pihak yang menangani langsung saja.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar