Uncategorized

Google DeepMind, Mesin Kecerdasan Paling Baru untuk Deteksi Kanker

Google mempunyai perusahaan yang bergerak pada bidang kecerdasan buatan di Britania Raya yang bernama DeepMind Technologies. Perusahaan ini telah berdiri sejak September 2010 dan sejak tahun 2014 DeepMind diakuisisi oleh Google.

Di dalam perusahaan ini ada berbagai bidang pengembangan science, salah satunya adalah DeepMind Health. Minggu lalu (30/08/2017), Google melakukan uji coba mesin kecerdasaan paling baru nya yang tergolong kedalam bidang radioterapi. Mesin ini nantinya akan mendeteksi sel kanker yang terdapat di kepala atau leher manusia.

Seperti yang diumumkan oleh DeepMind, “Kami sangat gembira untuk mengumumkan kerjasama penelitian baru dengan Departemen Radioterapi di University College London Hospitals (UCLH) NHS Foundation Trust. Dimana departemen ini adalah pihak yang menyediakan pengobatan kanker terkemuka di dunia.”

Kaitannya DeepMind memfokuskan untuk meneliti daerah kepala dan leher adalah karena 1 dari 75 laki-laki dan 1 dari 150 perempuan akan diagnosis dengan kanker mulut seumur hidup. Ngerinya, kanker rongga mulut telah meningkat sebesar 92% sejak tahun 1970-an. Kanker kepala dan leher pada umumnya mempengaruhi lebih dari 11.000 pasien di inggris setiap tahunnya.

Ngeri ya?

Google DeepMind menjelaskan tentang penyebab dari meningkatnya kanker tersebut, “Kemajuan dalam pengobatan radioterapi ini semakin hari semakin baik untuk mengingkatkan harapan hidup, tetapi karena terlalu banyaknya struktur yang berkonsentrasi di daerah kepada dan leher, maka dokter harus benar-benar merencanakan pengobatan dengan sangat hati-hati. Tujuannya, untuk memastikan tidak ada saraf atau organ vital yang rusak oleh kanker.”

Nah itulah mengapa kanker di bagian belakang mulut atau dalam sinus, sangat sulit untuk diobati melalui radioterapi.

Jadi, dengan dokter dalam tim radioterapi terkemuka di dunia UCLH ini, DeepMind ingin mengeksplorasi apakah metode pembelajaran mesin bisa mengurangi jumlah waktu yang dibutukan untuk merencanakan pengobatan kanker tersebut melalui mesin kecerdasaran radioterapi. Karena mesin ini dapat mengidentifikasi lebih dini sel saraf yang dirasa tidak beres. 

Semoga saja uji coba ini sukses ya?

(FM)

Baca Juga: 

Google Duo, Senjata Baru Pasangan LDR!

Google Play Family Library, Fitur Baru Berbagi Konten dengan Anggota Keluarga!

Google Menambahkan Fitur Baru Untuk Mencari Suara Hewan

Asisten Pribadi “Google Now” Upgrade Suara Baru, Saatnya Membandingkan Dengan Suara Siri dan Cortana!

Terapi Paling Baru Perangi Kanker Payudara dalam 11 Hari Berikan Harapan Baru Bagi Penderita

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close