Hari ini, Kamis (8/02/2018) Google lagi-lagi kembali menampilkan visual doodle seorang wanita. Sebuah gambar wanita dengan menggenggam sebuah kuas dan diikuti beberapa jenis lukisan berada dibelakangnya. Tahukah kamu siapa dia?

Yap, seorang wanita dengan kuas dan lukisan tersebut adalah Paula Modersohn-Becker, seorang pelukis muda asal Jerman yang lahir pada 8 Februari 1876. Paula merupakan pelukis yang dikenal pemberani karena dia berhasil melukis dirinya sendiri  tanpa busana lho, PiBi. Dalam lukisan tersebut, Paula menulis tulisan bercat hijau zaitun di pojok kanan bawah kanvas dengan inisialnya “PB”, nama gadis Paula Becker.

(Artsy)

Dalam lukisannya, Paula Modersohn-Becker mendeklarasi sebuah kebebasan sebagai gambaran yang sedang ia rasakan kala itu. Lukisan tersebut memperlihatkan Paula yang sedang mengandung (hamil). Beberapa bulan sebelumnya, Paula menegaskan bahwa ia masih belum ingin memiliki anak. Dilansir dari Independent, lukisan Paula tanpa busana ini merupakan kebebasan untuk dirinya sendiri sebagai seniman muda yang bebas melukis sesuai keinginannya dan bebas dari perangkap pernikahan.

(Foto: Google)

Paula memutuskan menetap di Paris dan hidup terpisah dengan pasangannya demi mengejar impiannya sebagai pelukis andal. Pada tahun 1906, Paula berhasil memuncaki karirnya dan kembali ke pasangannya kemudian Paula memiliki anak pertamanya yaitu Mathilde. Sayangnya, puncak kejayaan Paula tidak berlangsung lama. Pada 21 November 1907, Paula mendadak meninggal dunia di usia 31 tahun setelah mengeluhkan sakit pada kakinya setelah melahirkan.

Hingga saat itu, Paula Modersohn-Becker telah menghasilkan 750 lukisan dan 1.000 gambar. Demi mengapresiasi seluruh karyanya, Google menampilkan sosok Paula Modersohn-Becker di ulang tahunnya yang ke-142 tahun.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar