Pada hari ini, Selasa (9/1/2017) Google Doodle menampilkan bunga Rafflesia Arnoldii pada laman muka pencarian. Kamu tahu kenapa? Sebagai warga Negara yang baik kamu harus tahu kalau Rafflesia Arnoldii merupakan salah satu dari tiga Bunga Nasional yang telah diatur melalui Keputusan Presiden Nomor 4 Tahun 1993. Kedua bunga lainnya adalah Anggrek Bulan dan Melati.

Nah, tepat pada hari ini ternyata genap 25 tahun penetapan Rafflesia Arnoldii sebagai Bunga Nasional loh, PiBi. Dan Google turut merayakannya dengan memasang visual pada laman muka pencarian. Tidak hanya berupa gambar, tapi animasi yang memperlihatkan kalau bunga tersebut bisa mengeluarkan efek gas.

Kamu juga harus tahu, kalau Rafflesia Arnoldi memiliki pengukuhan nama yang cukup unik, yakni Padma Raksasa. Julukan tersebut dinobatkan karena ukurannya yang memang sedikit jumbo dan tergolong puspa langka. Menurut ilmu sejarah, Padma Raksasa pertama kali ditemukan pada tahun 1818 di hutan tropis Bengkulu oleh seorang ilmuan yang bernama Dr. Joseph Arnold. Saat itu, Arnold sedang melakukan ekspedisi bersama tim yang dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles. Maka dari itu, nama Rafflesia Arnoldi diambil dari gabungan dua nama, yaitu Thomas Stamford dan Joseph Arnold.

Bunga Rafflesia Arnoldii bisa tumbuh merambat tanpa daun sehingga dia tidak bisa melakukan fotosintesis seperti bunga lainnya. Kelopak bunganya terlihat montok dengan motif bintik-bintik putih yang muncul dari Tetrastigma. Perkembangannya juga hebat, dikabarkan kalau Rafflesia Arnoldii bisa tumbuh dengan diameter satu meter dan bisa mekar sampai beberapa hari.

Nah, perusahaan sekelas Google saja ingat dengan sejarah Indonesia, masa kamu sebagai generasi penerus kalah sama Google?

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar