Photography
Trending

Google Earth Street View Photography, Fenomena Memotret Keliling Dunia di Depan Komputer

Kamu masih bisa keliling dunia walaupun di tengah pandemi COVID-19, lho! Cukup dari depan komputer saja.

Diam di rumah saja bukan berarti tidak bisa keliling dunia. Pandemi COVID-19 membuat orang-orang yang memiliki hobi fotografi pemandangan mencari inovasi baru. Salah satunya adalah memotret pemandangan dunia di Google Earth Street View.

Salah satu contoh fotografi dari Google Earth Street View. Sumber: Google

Lahirnya Google Earth Street View Photography

Tipe fotografi ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2011 ketika seorang blogger bernama Wayne Bremser mengunggah foto Google Street View dalam sisi fotografi. Ia juga memasukkan hasil karya serupa dari berbagai fotografer. Menurutnya, Google Street View membuat kita dapat memotret kembali kejadian masa lalu, karena sebenarnya fungsi Street View sudah lama ada di Google Maps.

Salah satu fotografi milik Doug Rickard. Sumber: The Guardian

Jenis fotografi ini kembali dipopulerkan oleh fotografer bernama Jacqui Kenny. Bermula dari Agoraphobia, fobia terhadap tempat publik yang ia miliki. Pada awalnya Kenny merasa tertekan jika harus keluar rumah dan keadaan ini membuatnya merasa dunianya semakin sempit.

Kemudian Kenny mencoba membuka Google Street View dan menemukan banyak momen yang tertangkap kamera Google Car (mobil Google yang membawa kamera untuk memotret jalan). Kenny memang menyukai fotografi. Kini ia mendapat kesempatan untuk menjadi fotografer tanpa harus merasa cemas di ruang publik. Caranya dengan menangkap gambar (screenshot) bagian yang ia suka di seluruh penjuru dunia.

Setelah ia mengunggah karyanya di akun Instagram yang ia buat, @streetview.portraits, banyak yang menikmati hasil karyanya hingga ia dapat membuka pameran berjudul “The Agoraphobic Traveller”. Kenny juga menceritakan bahwa ternyata ia tidak mengalami agoraphobia sendiri, karena banyak orang yang akhirnya juga membagi ceritanya dan saling mendukung satu sama lain.

Salah satu fotografi karya Jacqui Kenny. Sumber: akun Instagram @streetview.portraits

COVID-19 dan Google Earth Street View Photography

Peraturan untuk diam di rumah membuat banyak orang akhirnya mencoba memotret pemandangan yang tertangkap kamera Google Car. Ada yang disunting agar warnanya semakin indah, ada yang tetap dibiarkan sesuai dengan kenyataan untuk menujukkan realitanya.

Kemudian ada perbincangan di internet yang menyebutkan bahwa fotografi ini lebih dari sekadar menangkap gambar dan momen, tapi mengubah cara kita melihat dunia. Bahwa dunia ini luas dan terdapat cerita di balik setiap gambar yang tertangkap.

Salah satu fotografi milik Tim Melideo yang baru mencoba karena pandemi COVID-19. Sumber: petapixel

Jenis gambarnya yang bisa dilihat dari berbagai sisi 360 derajat membuat kita bebas mengambil gambar dari sisi yang kita mau. Hal inilah yang membuat hasilnya dapat berbeda-beda meskipun mengunjungi tempat yang sama.

Beberapa fotografer lainnya juga mengatakan bahwa foto terbaik justru ditangkap dari tempat yang tidak terduga, seperti pemukiman, padang pasir, sampai ujung lorong gang yang sempit. Bagaimana PiBi? Apakah kamu tertarik untuk mencoba fotografi ini?

Sumber: Petapixel | The Guardian | Artsy.net | The Agoraphobic Traveler | Medium

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close