Buat kamu yang rutin berselancar di internet menggunakan mesin pencari Google, pasti kamu tahu kalau Google memiliki sebuah vitur “view image” yang berfungsi sebagai penampil gambar dengan ukuran sebenarnya. Biasanya fitur tersebut digunakan jika pengguna ingin mengunduh gambar dengan resolusi penuh sehingga kualitas gambar menjadi maksimal saat ingin digunakan kembali.

Nah, beberapa hari ini Google sedang menjadi buah bibir seluruh warganet dunia. Pasalnya, Google telah menghapus fitur “View Image” pada laman pencariannya. Tentu saja hal tersebut membuat sluruh pengguna menjadi kecewa. Bagaimana tidak, fitur tersebut adalah salah satu cara mendapatkan gambar secara mudah dengan kualitas maksimal. Tahukah kamu apa alasan Google menghapus fitur tersebut?

Jadi, pada Jumat (16/2/2018), Google secara resmi mengeluarkan pengumuman bahwa fitur “View Image” akan dihapuskan selamanya. Hal tersebut dilakukan sesuai dengan kebijakan baru yang disepakati antara Google dan Getty Images. Disinyalir, banyak pengguna Google yang menyalahgunakan hak cipta karya berupa gambar. Maka dari itu, diharapkan keputusan ini bisa menjaga kekayaan hak intelektual atas karya yang telah diciptakan (gambar).

Dilansir dari Engadget, Getty Images telah mendukung kebijakan baru ini mulai dari 2016 lalu. Tidak tanggung-tanggung, durasi yang dibutuhkan dalam penggodokan kebijakan ini memakan waktu 2 tahun hingga akhirnya secara resmi diberlakukan. Mulai saat ini, Google akan mendapat lisensi multitahun untuk menggunakan foto Getty Images meskipun harus merubah aspek dari hasil pencarian gambar. Jadi, mulai sekarang setiap pengguna Google yang ingin mengunduh gambar, harus menuju halaman resminya terlebih dahulu sebagai wujud kontribusi dan menghargai hak cipta yang telah dibuat.

Gimana menurutmu, PiBi? Setuju tidak kalau fitur tersebut dihapus?

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar