PiBi yang suka banget gaya fashion casual pasti familiar sama brand Lacoste bukan? Brand fashion asal Prancis ini menggunakan logo bergambar buaya sejak awal kehadirannya pada tahun 1933 silam.

Tapi pada akhir Februari lalu, untuk pertama kalinya Lacoste mengganti si buaya hijau ini dengan 10 hewan lain. Menariknya ke sepuluh hewan yang dipilih adalah hewan-hewan yang terancam punah. Dan hewan asli Indonesia juga ikut menjadi logo baru brand yang konsisten dengan kaos polonya ini.

Dan hewan asli Indonesia yang beruntung menjadi logo dari Lacoste adalah Harimau Sumatera dan Badak Jawa. Tak hanya dua hewan ini, tapi ada pula Iguana Anageda, Saola (mamalia sejenis kambing asal Deretan Annam), Burung Kondor California, Burung Nuri Kakapo, Lemur Septentrionalis asal Madagaskar, Kura-kura Betagur asal Burma, dan Vaquita (lumba-lumba dari utara Teluk California).

Kesepuluh hewan tersebut disematkan pada kaos Polo berwarna putih klasik dan dijual dalam jumlah terbatas. Dan hampir seluruh Polo yang diproduksi terjual habis dalam beberapa jam saja setelah dijual seharga 150 Euro pada acara Paris Fashion Week.

Dalam proyek ini Lacoste bekerja sama dengan kelompok konservasi hewan asal Switzerland bernama IUCN’s Save Our Species. Juga seorang desainer bernama Felipe Oliveira Baptista yang turut menyumbangkan ide dalam karyanya. Oliveira Baptista memasukkan gambar yang disamarkan dari masing-masing hewan pada penampilan terakhir koleksi busana winter-fallnya.

Dalam koleksi tersebut Oliveira Baptista terinspirasi dari 50.000 pohon yang ditanam oleh keluarga Lacoste di sekitar lapangan golf mereka di Saint-Jean-de-Luz di barat daya Prancis selama Perang Dunia II. Koleksi ini juga merupakan cara untuk membebaskan orang-orang lokal agar tidak dikirim ke kamp kerja paksa Jerman, karena pekerja kehutanan dibebaskan dari wajib militer, ujarnya.

Model pakaian yang ditampilkan pun berupa jaket dengan ponco juga topi hoodie dengan gabungan motif dedaunan dan kesepuluh logo hewan tersebut. Terlihat sederhana namun cocok dipakai pada suasana dan momen apapun.

“Saya terinspirasi dengan sosok Lady Diana, bagaimana dia mengenakan pakaian yang tinggi dan rendah pada saat bersamaan,” tambahnya. “Saya mencari sesuatu yang abadi, sesuatu yang akan bertahan lebih dari enam bulan” tutup Oliveira Baptista.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar