HealthNews & Information

Hati hati : Terlalu Banyak Pil Vitamin Dapat Picu Kanker

Palingbaru – Kesehatan adalah idaman semua orang. Bukankah begitu, sahabat Pibi? Salah satu cara untuk menggapainya adalah dengan mengonsumsi pil vitamin.

Namun, tahukah kamu tentang efek samping dari pil vitamin ini ? Berikut keterangannya.

Penelitian terbaru menemukan fakta buruk dari pil vitamin, sebagaimana dikutip dari Science Alert, bahwa pil vitamin ini bisa berindikasi pada pertumbuhan kanker tertentu.

Secara umum, penelitian ini menyimpulkan bahwa sebagian besar pil vitamin tidak berguna untuk dikonsumsi. Maka masyarakat perlu lebih teliti dalam mengonsumsi suplemen ini.

Ada beberapa vitamin yang bisa kita konsumsi dari pil vitamin. Misalnya vitamin D. Karena vitamin ini sangat jarang ada di makanan yang biasa dimakan orang pada umumnya.

Vitamin D sangat penting untuk penguatan tulang. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa orang yang sering mengonsumsi vitamin D ini, bisa hidup lebih lama daripada orang yang tidak mengonsumsinya.

Karena inilah tiap orang dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin D. Selain dengan mengonsumsi pil vitamin, suplemen ini juga bisa didapatkan dari sinar matahari.

Sementara itu, pil multivitamin perlu dihindari. Yah, kita tahu bahwa di dalam multivitamin yang ada di antaranya vitamin C yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin A untuk melindungi penglihatan, dan vitamin B untuk menjaga energi.

Kenapa meminum pil multivitamin tidak dianjurkan? Karena vitamin ini sudah bisa kita dapatkan dari makanan yang biasa dimakan orang pada umumnya. Selain itu, studi terbaru mengungkapkan bahwa mengonsumsi vitamin D yang berlebihan dapat mengundang bahaya.

Bahaya ini berkaitan dengan risiko kematian. Sebagaimana yang ditemukan dari satu penelitan pada 2011, mengungkapkan bahwa orang yang terlalu banyak mengkonsumsi ini punya risiko kematian yang lebih besar.

Selanjutnya, antioksidan. Pil vitamin yang mengandung vitamin A, C, dan E ini sama kasusnya seperti miltivitamin. Karena antioksidan bisa dimakan dari makanan yang berada di sekitar kita. Seperti buah-buahan dan sayur.

Nah, demikian daftar pil vitamin yang perlu kita pertimbangkan sebelum mengkonsumsinya. Tetap hati-hati yah, sahabat Pibi..

By Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close