Kamu tahu Parkinson kan, PiBi? Sebuah penyakit yang menyerang fungsi otak serta saraf progresif manusia sehingga sel-sel yang memproduksi dopamin akan berangsur-angsur menghilang. Orang yang terkena penyakit berbahaya ini, biasanya sering merasakan fisiknya lemah, otot terasa kaku, serta berkurangnya keseimbangan. Maka dari itu, Parkinson merupakan sebuah penyakit yang tergolong berbahaya serta sangat mengganggu aktivitas manusia.

Nah, karena begitu tingginya keluhan mengenai penyakit Parkinson, tidak sedikit pihak yang melakukan penelitian demi penelitian untuk membantu manusia dalam melawan penyakit ini. Seperti yang baru saja dilakukan oleh University of Twente’s Murielle, yakni menciptakan sepatu laser khusus Parkinson. Yap, para ilmuan dari Universitas ternama tersebut mencoba sebuah terobosan baru dengan memasang sebuah sistem di dalam sepatu yang memungkinkan orang pengidap Parkinson bisa berjalan normal kembali.

Mungkin kamu belum tahu, kalau pengidap Parkinson itu sangat sulit untuk berjalan. Bahkan sampai ke level yang terparah, berdiri saja tidak kuat, apalagi berjalan? Kasian kan? Makanya, sepatu laser dari University of Twente’s Murielle inilah solusinya. Dengan sistem dan teknologi yang telah terintegrasi di dalamnya, laser ini bisa membaca saraf di tubuh penggunanya. Maka, saat terjadi pembekuan, maka laser akan aktif, begitu juga sebaliknya.

Cahaya laser tersebut bisa menghasilkan garis sekitar 18 inci pada bagian depan sebagai navigasi berjalan. Nantinya, setiap pengguna akan mendapatkan sebuah kekuatan tak terduga yang membuatnya mampu berjalan normal lagi. Hal tersebut sudah dibuktikan dengan oleh beberapa pasien Parkinson yang diajak dalam tahapan uji coba. Hebatnya, para pasien tersebut merasa bahagia dan tidak sabar menanti sepatu laser ini akan segera diluncurkan.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar