Banyuwangi merupakan sebuah kota yang letaknya di ujung timur pulau Jawa. Dihimpit dengan gunung dan laut menjadikan Banyuwangi sebagai kota yang memiliki destinasi wisata yang cukup melimpah, khususnya wisata laut. Yap, mungkin kamu sudah tahu kalau Banyuwangi sering mendapatkan prestasi dari sektor pariwisata. Salah satunya, Pantai Syariah yang dinobatkan sebagai Pantai Syariah pertama di Indonesia.

Nah, kali ini Banyuwangi kembali mengharumkan nama Bangsa di kancah International nih, PiBi. Kabar tersebut datang dari sebuah program yang bernama ASEAN Tourism Standard Award 2018 yang digelar di Chiang Mai, Thailand beberapa waktu lalu. Dalam program ini, setidaknya ada 108 kriteria yang dinilai bagi seluruh tempat wisata se-ASEAN untuk memenangkan program ini. Hebatnya, Pantai Grand Watu Dodol Banyuwangi mendapatkan nilai 87,4 persen dan berhasil mengalahkan kawasan Asia Tenggara lainnya. Alhasil, Banyuwangi membawa pulang predikat ASEAN Clean Tourist City.

Spot yang terletak dekat pelabuhan Ketapang ini memang masih terbilang sebagai objek wisata baru. Jadi, banyak pihak yang merasa heran karena cepatnya proses pengembangan hingga akhirnya menjadi sebuah objek wisata yang sangat indah dan diserbu pengunjung setiap harinya. Nah, ternyata dalam pengembangan Pantai Watu Dodol, terjalin sinergi yang baik antara Pemerintah dengan warga setempat, PiBi. Mereka bekerja sama hingga akhirnya pantai baru ini mampu menjadi pantai paling bersih se-ASEAN.

Yang membuatnya khas adalah barisan pohon kelapa yang tertata rapi. Kalau kamu mengunjungi pantai ini, kamu akan merasakan sensasi dan pengalaman baru. Sekilas memang mirip seperti taman, tapi wisata ini memang mengusung konsep yang ramah linkungan dengan banyak tumbuhan serta bebas dari sampah. Apakah hanya itu? Tentu tidak! Bukan Banyuwangi kalau tidak bisa memberikan sesuatu yang lebih pada sektor pariwisatanya. Jadi, di pantai ini kamu bisa menikmati beberapa fasilitas dan game yang disediakan, seperti snorkeling, jembatan dek, serta menyeberangi laut untuk menuju ke Pulau Tabuhan dan Pulau Menjangan.

Buat kamu yang hobi selfie, tempat ini sangat cocok buat kamu. Tersedia beberapa spot yang pastinya bisa bikin kamu semakin hits! Soal harga, kamu tidak perlu khawatir, PiBi. Pantai Grand Watu Dodol hanya memasang tarif Rp 5.000 di hari biasa dan Rp 7.000 di hari libur. Cukup murah kan? Turis mancanegara saja sudah main ke pantai ini, kamu kapan? Ditunggu ya, PiBi!

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar