Singapura merupakan salah satu Negara maju di Asia yang diakui oleh dunia. Selain memiliki pelabuhan dagang yang beragam, Negara dengan maskot singa laut ini juga dijuluki sebagai Negeri Seribu Satu Larangan. Julukan tersebut dinobatkan karena Singapura merupakan Negara yang sangat menjunjung tinggi nilai kedisiplinan.

Selain itu, Singapura juga memiliki cara sendiri agar lingkungan serta tatanan kota tetap terjaga. Maka tak heran kalau Negara yang hanya berukuran 719 kmĀ² ini sangat bersih dan menjadi inspirasi banyak Negara di dunia, khususnya Asia. Nah, bicara mengenai kebersihan kota, baru-baru ini Singapura menjadi sorotan netizen karena inovasi terbarunya yang terbilang unik. Inovasi tersebut adalah dengan menciptakan robot angsa yang digunakan untuk menjaga kebersihan serta kualitas air waduk dan danau.

Robot angsa tersebut diberi nama Swan yang merupakan akronim dari Smart Water Assessment Network. Yap, sesuai dengan namanya, angsa buatan ini berfungsi untuk menjaga kebersihan air serta mengukur secara konstan sumber pasokan air bersih di Singapura. Swan dapat bekerja atas perintah dengan sistem komputasi secara real time. Maka dengan hadirnya Swan, petugas setempat pun merasa bebannya lebih ringan.

Selain itu, robot angsa ini juga bisa diperintah melalui cloud, jadi para peneliti bisa memonitor secara langsung mengenai kadar air pada area tertentu untuk dibawa ke laboratorium. Namun sebelumnya, sampel air tersebut akan dianalisa terlebih dahulu oleh Swan. Analisanya mulai dari ukuran pH level, larutan oksigen, klorofil, hingga intensitas kekeruhan air pada danau atau waduk tersebut.

Sampai saat ini, setidaknya sudah ada lima ekor Swan yang dipelihara oleh Singapura. Dan dengan adanya inovasi seperti ini diharap bisa menginspirasi bagi Negara-Negara lain untuk tetap memperhatikan kesehatan serta kebersihan lingkungan.

Keren kan, PiBi?

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar