Di zaman digital ini, kita seringkali mengidolakan orang-orang yang tubuh maupun kehidupannya tampil sempurna di media sosial. Tidak sedikit cewek-cewek yang merasa minder karena tubuh dan kehidupannya dirasa tidak ideal. Padahal, kita tidak tahu ada apa dibalik postingan sempurna itu kan, PiBi. Udah saatnya sekarang kita cintai diri kita lagi.

Caranya gimana?

Kita harus memahami bahwa di media sosial itu semua bisa terjadi. Kamu pasti tahu kan akhir-akhir ini di Twitter banyak sekali cerita tentang orang-orang yang memalsukan identitas untuk berkenalan dengan lawan jenisnya?

Hal itu tidak menutup kemungkinan akan terjadi di platform media sosial yang lain. Instagram, misalnya. Postingan-postingan mewah dan sempurna yang kita lihat dari para influencers seringkali membuat rasa percaya diri kita menurun. Karena ingin memposting kesempurnaan yang sama, tak jarang kita jadi diet mati-matian atau menghabiskan uang di kafe dan lokasi wisata mewah.

Semua itu nggak perlu, PiBi.

Yang perlu kita lakukan adalah berhenti membandingkan hidup dan tubuh kita dengan orang lain. Kita sering iri karena orang lain lebih kurus, lebih cantik, pacarnya lebih ganteng, atau kehidupannya yang begitu mewah.

Ingatlah bahwa ada aplikasi yang dinamakan Photoshop. Tubuh ideal yang kamu lihat dan wajah mulus yang mereka tampilkan bisa saja hasil editing yang maksimal. Memang sih, nggak semua orang kayak gitu. Tapi, kita juga tetap saja tidak tahu apa yang terjadi di balik pembuatan sebuah foto. Jadi, kita tidak perlu membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain dan mulai cintai diri sendiri.

Belum lagi, kalau sedang ada tren bentuk badan yang ramai-ramai berusaha dicapai oleh para selebgram. Kita akan semakin sering melihat postingan mereka sedang berolahraga di gym maupun di rumah mereka dengan peralatan yang lengkap. Kalau kita tidak bisa mencapai goals itu, jangan pernah terlalu memaksakan diri ya, PiBi. Lebih baik kita fokus pada apa yang kita cintai dari diri kita dan berusaha mengembangkannya.

Untuk kamu yang masih berusaha kurus dengan usaha maksimal, ingat juga saat ini sudah banyak model yang tubuhnya curvy. Salah satunya adalah Ashley Graham. Meski tubuhnya tidak sekurus model pada umumnya, tapi Ashley tetap percaya diri dan mendapatkan banyak pekerjaan sebagai fotomodel.

Kalau kamu memang ingin berolahraga, jangan membuat goals terlalu tinggi. Buat saja goals berupa jumlah push-up yang harus kamu lakukan setiap hari. Goals itu akan bikin kamu lebih menyayangi diri sendiri setelah mengetahui kemampuan tubuh kita.

Diet, juga sebaiknya dilakukan dengan wajar. Jangan terlalu berusaha keras hingga menyebabkan kita jatuh sakit. Jangan ya, PiBi.

Tubuh setiap orang itu kan berbeda-beda, dan seharusnya kita bangga dengan hal itu dan cintai diri serta tubuh kita. Dengan begitu, kita bisa hidup dengan lebih sehat dan bahagia deh!

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar