Mobil seperti apakah yang menjadi impian kamu PiBi? jenis SUV, sedan, minivan atau bahkan mobil vintage seperti Holden dan Volkswagen? Semua jenis mobil tersebut tentu bisa kamu dapatkan dengan berbagai usaha seperti menabung.

Terlepas dari bagaimana kamu mendapatkan mobil tersebut, baru-baru ini salah satu produsen mobil asal Jepang, Honda mengumumkan jadwal pemesanan mobil teranyarnya, Honda Urban EV yang dapat dilakukan pada tahun depan.

Mobil dengan konsep retro ini sebelumnya hadir dalam pameran otomotif di Frankfurt 2017 lalu. Dan kembali hadir pada ajang Geneva Motor Show 2018 dari tanggal 8-18 Maret ini. Berdasarkan pernyataan resminya, Honda tak hanya sekedar memajang Honda Urban EV namun juga memastikan kalau versi produksi massal siap dipesan pada awal 2019.

Tak hanya menyasar pasar Eropa, namun Honda Urban EV juga akan hadir di Jepang setahun kemudian, yaitu di tahun 2020.

“Untuk merespon masukan positif terhadap model ini, maka kami mulai membuka pemesanan Honda Urban EV pada awa 2019 dan mulai memproduksi pada akhir 2019,” ujar Philip Ross, Senior Vice Presiden Honda Motor Europe.

Pertama kali melihat mobil listrik keluaran Honda ini, kesan pertama yang diperlihatkan adalah nuansa retro yang mencolok. Terlihat seperti mobil lawas yang kerap muncul di film-film tahun 70-80an dengan sentuhan modern. Banyak juga yang beranggapan bahwa mobil ini terinspirasi dari Volkswagen Golf atau Fiat 126 dan Fiat 127. Sangat menarik perhatian.

Untuk pengerjaannya sendiri, Honda R&D Automobile R&D Centre lah yang mendapat tanggung jawab untuk melakukan proses produksi. Dibangun khusus diatas platform electric vehicle, membuat Honda Urban EV memiliki lebih banyak ruang untuk tata letak komponen seperti mesin baterai, dibandingkan internal-combustion engines.

Tak hanya sebagai kendaraan, baterai Honda Urban EV juga dapat digunakan sebagai sumber listrik untuk peralatan rumah tangga.

Meskipun kesan retronya sangat kuat, namun kecanggihan mobil ini tidak perlu diragukan lagi. Dengan menyimpan teknologi artificial intelligence (AI) berupa Honda Automated Network Assistant, memungkinkan mobil ini dapat berkomunikasi dengan si pengendara, seperti mengenal tingkat stress dari ekspresi wajah dan suara, mempelajari gaya hidup dan preferensi, serta menawarkan pilihan di situasi tertentu kepada pengemudi.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar