News & InformationScience

Hubble Berhasil Potret Wajah Tersenyum di Luar Angkasa

PalingBaru- Baru-baru teleskop Huble menemukan formasi galaksi yang terlihat seperti wajah tersenyum. Wajah tersenyum tersebut terletak di salah satu cluster galaksi di luar angkasa. Hubble kemudian berhasil menangkapnya melalui tembakan Wide Field Camera 3 (Hubble Space Telescope/WFC3).

Kamera WFC3 bertenaga tinggi dan memiliki resolusi hebat sehingga mampu menemukan wilayah formasi bintang sehingga para ilmuwan NASA mampu mempelajarinya. Ini adalah bagian dari misi Hubble untuk lebih memahami bagaimana bintang-bintang baru tercipta.

“Wajah tersenyum di angkasa tersebut berupa dua gumpalan berwarna kuning yang menggantung di atas busur yang melengkung. Semakin rendah, galaksi berbentuk busur memiliki bentuk khas galaksi dengan lensa gravitasi – cahayanya telah lewat dekat objek besar dalam perjalanan ke kita, menyebabkannya menjadi terdistorsi dan membentang keluar dari bentuk,” ujar NASA dalam siaran persnya (2/11).

Seperti yang disampaikan NASA beberapa waktu lalu, temuan ini adalah temuan yang kesekian-kali setelah Hubble beredar di luar angkasa.

Beberapa bulan yang lalu, Hubble menangkap gambar mengejutkan dari formasi bintang. Hubble menangkap formasi bintang atau nebula bernama IRAS 05437 + 2502 ini terletak di konstelasi Taurus, dekat dengan pusat galaksi Bima Sakti berupa gumpalan gas dan debu.

Teleskop luar angkasa Hubble adalah sebuah teleskop luar angkasa yang berada di orbit bumi. Nama Hubble diambil dari nama ilmuwan terkenal Amerika, Edwin Hubble yang juga merupakan penemu hukum Hubble. Hubble pertama kali diluncurkan pada tahun 1990 silam.

Cara kerja telescop ini pertama-tama menangkap gambar. Setelah diterima oleh telescop, gambar tersebut akan diubah menjadi kode digital dan diradiasikan ke bumi dengan menggunakan antena dengan kemampuan mengirimkan data 1 juta bir per detik. Hubble dapat berjalan 5 mil per detik. Hubble dapat berkeliling lebih dari 150 Juta mil per tahun atau kurang lebih 241 juta kilometer.

By Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close