AplikasiTechnology

IAI Luncurkan Software Permudah Urus Izin Gedung

Suka males engga sih kamu, dengan urusan perizinan pembangunan gedung yang panjang dan ribet ? Eits, tunggu dulu. Ternyata sekarang ada solusinya loh.

Mulai sekarang enggak perlu pusing untuk mengurus perizinan pembangunan gedung. IAI (Ikatan Arsitek Indonesia) bekerja sama dengan perusahaan teknologi Piranusa meluncurkan sebuah Software dengan nama ZWCAD-IAI. Software ini dirancang khusus untuk mempermudah urusan arsitek dalam proses perizinan gedung di Jakarta.

Sebelumnya, proses perizinan membutuhkan waktu lama karena data Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dengan data pengurus izin berbeda. Sehingga beberapa pihak terkait harus untuk menghitung ulang, data perhitungan area tabulasi (semakin besar skala proyeknya, makin kompleks proses pengecekannya). Kondisi ini diperparah dengan daftar antrian pengurusan izin yang panjang, karena PTSP Jakarta mengurusi izin pemanfaatan Jutaan meter persegi (m2) tanah pertahun.

Kini persoalan tersebut akan dijwab dengan, ZWCAD-IAI (software yang melakukan fungsi 2D dan 3D dengan design interface yang hamper sama dengan CAD (computer aided design) mainstream).

Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk melakukan perhitungan gambar hingga 10 tower sekaligus, secara cepat dan presisi. Mulai dari, tower setinggi 150 laintai hingga 10 lantai dari basement sampai lantai tertatas. Sehingga, setiap arsitek mampu menghemat waktu 20 hingga 40 persen dalam urusan pembuatan area tabulasi gambar perencanaan arsitektur.

Aplikasi ini bisa diakses melalui laman www.iai-jakarta.org. Nantinya aplikasi ZWCAD-IAI dapat digunakan secara langsung dengan mudah, karena memakai software yang sudah familiar bagi pengguna CAD sebelumnya.

Para arsitek di Jakarta mulai dapat menggunakan aplikasi ini mulai bulan Oktober ini, (18/10). IAI menyebutkan, peluncuran aplikasi ZWCAD-IAI bertujuan untuk membantu sebanyak mungkin anggota IAI terutama di wilayah DKI Jakarta.

By Nana Riyana

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close