AnimalNews & InformationScience

Ikan Hiu Purba Ditemukan di Mesir

Palingbaru – Sahabat Pibi pasti tau gimana gambaran makhluk-makhluk kuno, yang berpostur besar dan tentu menakutkan. Menyinggung soal hewan purba, baru-baru ini para ilmuwan berhasil menemukan fosil ikan hiu purba yang berukuran besar, sebagaimana dikutip dari The Independent.

Uniknya, hiu raksasa yang hidup pada jutaan tahun yang lalu ini postur tubuhnya menyerupai ular dan dijuluki sebagai raja kadal.

Para ilmuwan mengklaim makhluk yang disebut juga Basilosaurus itu sebagai nenek moyangnya hiu yang sekarang ada.

Sumber: Kementrian Lingkungan Mesir

Sementara itu, gigi dari makhluk yang tergolong sebagai bangsa ikan paus prasejarah itu menandai ia sebagai predator, makanan awalnya diperkirakan terbatas pada berbagai ikan besar yang tersebar di perairan Eocene yang hangat.

Namun, analisa terbaru dari tulang belulang yang ditemukan di Valley of Whales di dekat Kairo telah mengonfirmasi bahwa Basilosaurus juga memakan mangsa yang lebih besar, termasuk pada ikan hiu juga.

Pada saat para paleontolog menemukan satu sampel dengan panjang 15 meter pada 2010, mereka menemukan tulang rusuk dan menemukan ruas yang seakan tidak berujung yang telah diselingi oleh tulang-tulang lainnya.

Sumber: The Independent

Tulang-tulang ikan itu berada di antara banyak reruntuhan, di sana ditemukan juga tulang belulang yang diperkirakan kerangka dari jenis hiu purba yang lainnya seperti Dorudon.

Menariknya, tulang-tulang ikan yang lain itu berada di dalam rongga tubuh si Basilosaurus. Hal ini dijadikan sebagai petunjuk para ilmuwan yang menganggap bahwa ikan-ikan itu telah menjadi mangsa si hiu purba ini.

by Abdul Hamid

 

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close