AnimalNews & InformationScience

India Terapkan Toilet Inovatif yang Melibatkan Cacing

Palingbaru – Hai Sahabat Pibi, kamu pasti termasuk pengguna toilet tradisional yang mengandalkan septic tank sebagai penampung terakhir. Kamu pasti udah tau bagaimana septic tank itu mengeluarkan bua yang ga enak.

Nah, permasalahan seperti bau yang kurang sedap itu bisa diatasi oleh toilet inovatif bernama Tiger Toilet. Toilet yang melibatkan cacing ini sudah mulai diterapkan di beberapa area di India.

Sebagaimana dikutip dari Science Alert, Tiger Toilet ini sudah berdiri di luar rumah dan luar sekolah di India sejak 2015 silam.

Tipe toilet terbaru ini tidak mengeluarkan bau seperti toilet biasanya. Hal ini dikarenakan toilet ini hadir dengan melibatkan populasi cacing harimau atau Eisenia fetida.

Cacing tersebut habitat aslinya di tumpukan kotoran sapi atau kuda. Sehingga cacing ini sangat cocok ditempatkan di tempat penampungan kotoran toilet.

Sumber: Science Alert

Perbedaan toilet baru ini dengan toilet tradisional adalah pada penggunaan cacing-cacing itu. Mereka ditempatkan di satu wadah dalam toilet, di sanalah mereka hidup dengan memakan kotoran manusia.

Eisenia fetida secara sains terbukti suka pada kotoran. Hal ini menjadi solusi bagus untuk proses pembuatan kompos.

Jadi, menurut Direktur perusahaan Tiger Toilet, Oak menyatakan bahwa cacing itu tidak akan keluar dari dalam toilet, lantaran mereka tidak akan bisa hidup seperti cacing jenis lain yang bisa hidup di tanah saja tanpa feses.

Uji coba toilet ini tidak hanya dilakukan di India, di negra seperti Myanmar dan Uganda pun sudah mencobanya.

by Abdul Hamid

 

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close