Uncategorized

Indonesia Sabet Medali Emas, Lagu Indonesia Raya Berkumandang Di Olimpiade Rio 2016

Mendengar lagu kebangsaan tanah air berkumandang di ajang olahraga paling akbar di dunia, tentu suatu hal yang sangat membanggakan sekaligus mengharukan. Setelah sukses melibas pasangan ganda campuran terbaik di dunia, pasangan ganda terbaik Indonesia melanjutkan tren positif dengan mengalahkan ganda campuran negara tetangga, yaitu Malaysia, dan berhasil membawa pulang medali emas sebagai kado ulang tahun untuk tanah air tercinta.

Keberhasilan Ganda Campuran Indonesia Merebut Medali Emas Olimpiade Rio 2016 (Sumber: rio2016)

Medali emas di ajang olimpiade bukan hal baru bagi Indonesia. Negara ini memiliki tradisi membawa pulang medali emas tiap edisi olimpiade, hanya edisi London kemarin Indonesia puasa emas. Kali ini di bawah pimpinan Erick Thohir, Presiden klub sepak bola Seria A Italia tersebut  sebagai Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Indonesia kembali melanjutkan tradisi membawa pulang emas. “Thank you Butet dan Towi, berkat kalian Indonesia dapat emas. Gold medal for Indonesia,” tulis Erick di akun instagramnya hari ini.

Selebrasi Owi dan Butet Setelah Sukses Memastikan Kemenangan (Sumber: nbcolympics)

Perjuangan cabor (cabang olahraga) bulu tangkis Indonesia dalam meraih emas tentu bukan hal yang mudah. Sempat diragukan karena dibeberapa kejuaraan sebelumnya performa atlet terbaik tanah air kurang menjanjikan, ganda campuran peringkat tiga dunia ini berhasil menjawab kritikan publik bahwa mereka mampu mengharumkan nama bangsa dengan tekad kuat yang mereka miliki. Pasangan yang kerap disapa Owi/Butet hanya butuh dua game 21-14 dan 21-12 untuk memastikan medali emas Indonesia. Owi/Butet memang tampil penuh determinasi. Meski pasangan Malaysia memberikan perlawanan sengit, namun Tontowi/Liliyana mampu mengatasi keadaan dan mengendalikan permainan. Owi/Butet terus memimpin pada angka 15-12, hingga mengunci dengan skor 21-12.

Sejarah Medali Emas Indonesia di Ajang Olimpiade

Cabang olahraga bulu tangkis memang menjadi salah satu andalan Indonesia dalam merengkuh medali emas dalam ajang Olimpiade. Tapi tahukah kamu sejarah perolehan medali pertama Indonesia di ajang kompetisi olahraga empat tahunan ini. Menurut Wikipedia, Indonesia pertama kali mengikuti Olimpiade pada tahun 1952 di Helsinki, Finlandia. Setelah itu Indonesia sempat dua kali tidak ikut Olimpiade yaitu pada tahun 1964 di Tokyo, Jepang dan pada tahun 1980 di Moskwa, Rusia (pada waktu itu Uni Soviet) karena boikot sehubungan dengan perang Soviet-Afganistan.

Atlet Indonesia meraih medali pertama kali pada Olimpiade Seoul 1988 yaitu ketika Nurfitriyana Saiman, Kusuma Wardhani, dan Lilies Handayani meraih medali perak dalam cabang panahan beregu putri. Di antara sekian banyak cabor yang diikuti, Medali emas pertama Indonesia diraih di bulu tangkis oleh Susi Susanti (tunggal putri) dan Alan Budikusuma (tunggal putra) pada Olimpiade Barcelona.

Di Olimpiade London 2012, merupakan pertama kali Indonesia gagal meraih medali emas sejak 1992 dan cabor Bulu Tangkis gagal mempersembahkan satupun medali. Hingga saat ini, total Indonesia sudah mengumpulkan tiga puluh medali yang terdiri dari tujuh medali emas, dua belas medali perak dan sebelas medali perunggu. Semuanya disumbangkan dari cabang olahraga bulu tangkis, angkat besi dan panahan.

Kita patut berbangga dengan prestasi para atlet kita yang sudah mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Salah satunya yang terbaru adalah prestasi cabang olahraga bulu tangkis pasangan ganda campuran terbaik Indonesia yang berhasil mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia di pentas dunia. Lihat upacara penghargaannya di video di bawah ini.

 

 

(ST)

Baca Juga:

Download Aplikasi Resmi Olimpiade Rio 2016 Agar Bisa Update Tiap Menit Langsung Dari Sumbernya!

Filosofi Dibalik Desain Logo Olimpiade Rio 2016

Lagu Terbaru Katy Perry Jadi Lagu Resmi Olimpiade Rio 2016

Emblem Olimpiade dan Paraolimpiade Tokyo 2020 Sudah Resmi Di Umumkan!

Temuan Terbaru: Coklat Bisa Tingkatkan Performa Olahraga

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close