HealthNews & Information

Ingin Jantung Sehat ? Hindari Mengonsumsi Berlebih Makanan Ini

PalingBaru- Jantung merupakan organ vital yang punya fungsi penting bagi manusia. Fungsi utamanya adalah memompa darah sekaligus mengedarkan nutrisi ke seluruh tubuh.

Mengacu pada fungsi penting tersebut, sudah seharusnya kita menjaga kesehatan jantung. Namun, tidak sedikit orang yang gaya hidup dan pola makan sehari-hari nya, justru berpotensi merusak kesehatan jantung.

Nah, untuk pola makan, kalau kamu ingin menjaga jantung dan sistem peredaran darah tetap sehat pada saat ini dan juga di masa mendatang, ada beberapa jenis makanan yang harus hindari. Apa sajakah ?

  1. Gorengan

Siapa yang tidak tergoda bila melihat sajian gorengan yang dipajang penjual ? Gorengan amat nikmat untuk camilan di sela bekerja. Namun, beberapa studi menyimpulkan, makanan gorengan seperti ayam goreng, french fries, dan aneka gorengan lain, menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung. Penyebabnya, metode penggorengan konvensional menciptakan jenis lemak trans, yakni lemak yang terbukti meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik.

  1. Makanan Kaya Gula

Orang tua kita dulu sering berujar, mengomsumsi gula bisa berakibat buruk pada kesehatan gigi. Ternyata, dampak mengomsumsi makanan kaya gula itu bukan hanya pada gigi, tetapi juga menyebabkan diabetes, kolesterol tinggi, obesitas. Anda tentu tahu, semua itu merupakan faktor risiko penyakit jantung.

“Jika ada satu bahan yang perlu dihindari untuk menghindari risiko penyakit jantung, bahan itu berupa gula dalam bentuk aneka jenis makanan,” begitu sebuah kutipan dilansir dari www.health.harvard.edu.

  1. Daging awetan

Anda suka mengomsumsi daging awetan seperti sosis? Yang harus Anda ingat, daging awetan seperti sosis merupakan sumber lemak jenuh tinggi. Bahkan jenis yang rendah lemak justru lebih kaya akan garam. Enam potong tipis daging jenis ini sudah memasok separuh kadar garam.

  1. Minuman ringan dan jus yang diberi tambahan gula

Sumber terbesar gula dalam hidup sehari-hari ternyata bukanlah dari makanan, tetapi dari minuman. Di Amerika Serikat, pemerintah menemukan lebih dari 60 persen anak-anak, 54 persen pria dewasa dan 45 persen wanita dewasa paling tidak minum satu soda dan minuman manis sehari.

Jenis makanan lainnya yang juga berpotensi meningkatkan faktor risiko penyakit diantaranya burger cepat saji, sereal bergula juga kue dan roti yang mengandung banyak gula dan terbuat dari lemak jenuh. Serta, pizza yang juga kaya kandungan lemak jenuh.

Namun, menghindari makanan dan minuman jenis ini bukan berarti sama sekali tidak mengonsumsi nya. Boleh saja bila ingin mencicipinya. Yang terpenting porsi nya tidak berlebihan dan juga tidak setiap hari.

By Hadi Santoso

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close