I Like ItTraveling

Ingin Keliling Negara Dengan Jalan Kaki atau Naik Motor ? Datang Saja ke Lima Negara ini

Kita sebagai orang Indonesia terbiasa tinggal dengan wilayah yang sangat luas, 1,905 juta kilometer persegi. Untuk bepergian dari satu daerah ke daerah lain saja butuh waktu berjam-jam, hingga hari, apalagi keliling Indonesia.

Pernahkan kita membayangkan tinggal di sebuah Negara yang sangat kecil, bahkan untuk keliling negara hanya hitungan jam ?

Nah, berikut ini adalah 5 daftar negara terkecil di dunia. Yuk, mari kita lihat seberapa kecil dan unik negara-negara itu .

1. Vatikan

Negara ini adalah yang terkecil di dunia dengan luas wilayah kurang dari satu kilometer persegi 0.44 kilometer persegi,  dihuni oleh sekitar 1000 jiwa.Bisa dibayangkan, untuk keliling negara, cukup dengan jalan kaki dan tidak butuh waktu yang lama, sekitar satu jam.

Negara ini sangat unik karena dikelilingi tembok di dalam kota Roma, Italia. Dipimpin oleh Paus pemimpin spiritual katolik seluruh dunia. Secara ekonomi Vatikan sangat unik karena ditopang oleh aktivitas non-komersial, seperti sumbangan dari para umat katolik seluruh dunia, penjualan prangko, koin-koin, souvenir turis, mainan kunci, rosario, salib kristus, iuran masuk dan lain sebagainya.

vatikan.jpg

2. Monako

Negara ini adalah terkecil kedua di dunia, luas sekitar dua kilometer persegi, dengan jumlah penduduk sekitar 37 ribu jiwa. Monako berada di kawasan eropa barat, berbatasan dengan Perancis di tiga sisi, dan satu sisi berbatasan dengan laut tengah.

Uniknya, negara ini tidak memiliki tentara laut maupun udara, pertahanan negara Monako di topang oleh Negara Perancis. Kalaupun ada kekuatan militer, hanyalah sebatas unit pengawal pribadi pangeran dan istana di Monako Ville. Negara yang memiliki warna bendera merah putih mirip dengan bendera Indonesia ini, memiliki jumlah rasio anggota kepolisian yang besar, (515 petugas polisi untuk 37.000 orang). Sumber perekonomian ditopang dari sector pariwisata, khususnya wisata judi, kasino. Namun perjudian di Monako terlarang untuk warganya.   

monaco.jpg

3. Nauru

Merupakan negara dengan luas wilayah 21 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 10 ribu jiwa. Nauru adalah sebuah pulau kecil di kawasan samudra pasifik sekitar garis katulistiwa. Perekonomian negara Nauru, 80 % ditopang oleh tambang fosfat, bahkan mendapat julukan sebagai “Rentier State” negara penyewa, karena mayoritas pemasukan ekonomi dilakukan dengan menyewakan kekayaan hasil sumber alam kepada pihak asing. Era Tahun 1980-an Nauru sempat disebut sebagai salah satu negara paling kaya di dunia. Tapi kurang dari tiga dekade, tepatnya tahun 2017, Nauru jatuh menjadi salah satu negara termiskin di dunia. Penyebabnya adalah kerusakan lingkungan, pencuian uang untuk mafia Rusia dan serangkaian kejahatan.

nauru.jpg

4. Tuvalu

Sebuah negara kepulauan seluas 26 kilometer persegi, berpenduduk sekitar 11 ribu jiwa. Terletak di antara Hawai dan Australia di Samudra Pasifik. Negara ini termasuk negara padat penduduk dilihat dari luas wilayah dengan jumlah penduduk. Namun, penduduk yang tinggal di sana mulai kawatir dengan masa depan mereka, ditengah isu pemanasan global. Tak sedikit penduduk Tuvalu keluar dari negaranya menuju Selandia Baru karena kawatir kepulauan Tuvalu akan tenggelam dampak dari global warming.

tuvalu.jpg

5. San Marino

Negara terkecil ke lima di dunia ini terletak di tengah negara Italia, seluas 61 kilometer persegi, yang dihuni oleh 33.537 jiwa. Negara ini, dikelilingi oleh lima provinsi negara Italia dan tercatat sebagai negara republic tertua didunia. Dibentuk tahun 301 oleh Santo Marinus yang kemudian menjadi nama negara San Marino (dalam bahasa Itali).

Walaupun sebagai negara merdeka, San Marino tergantung dengan negara Itali, bahkan tak memiliki bandara sendiri, bandara tedekat berada di kota Rimini, Italia. Perekonomian ditopang pada bidang perbankan, Industri elektronk dan keramik, agrikultur (anggur dan keju).

san_marino.jpg

Nah, itu dia lima negara terkecil di dunia. Mungkin ada sahabat Pibi yang tertarik, silahkan saja mencoba berkeliling sebuah negara yang dituntaskan hanya dengan jalan kaki atau naik motor.  

 

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close