HealthHow To

Ingin Menghangatkan Tubuh di Cuaca Dingin? Begini Tipsnya

Palingbaru – Sahabat Pibi pasti akhir-akhir ini udah ngerasa kedinginan, karena cuaca kan makin ke arah musim hujan. Tentu kita ingin memastikan badan biar hangat di situasi yang dingin ini.

Banyak sekali cara buat menghangatkan tubuh. Salah satunya tips menghangatkan tubuh yang dibuat oleh para psikolog ini, sebagaimana dikutip dari Science Alert.

Para peneliti tau bahwa respons psikologis alamiah pada cuaca dingin seperti adaptasi tingkah laku dapat membantu tubuh kita untuk menjadi hangat.

Darah mengalir ke tubuh dengan membawa nutrisi, oksigen, dan zat biologis penting lainnya. Dan sistem pengiriman pada darah ini juga membawa hawa panas yang diproduksi dari dalam otot ke kulit.

Nah, untuk membuat badan agar selalu hangat, kita bisa mengatur pakaian, aktivitas, dan makanan.

Soal pakaian, ummumnya orang bakal memakai mantel, topi, dan sarung tangan buat menghangatkan tubuhnya, dengan pertimbangan semakin tebal bahannya, maka semakin menghangatkan.

Namun, pakaian musim dingin itu tidak berperan untuk menghangatkan kita. Akan tetapi lebih untuk memelihara panas yang tubuh kita hasilkan ke lingkungan sekitar.

Sebetulnya yang berperan dalam penghangatan tubuh adalah organ dalam tubuh kita sendiri yang selalu siap siaga buat mengalirkan darah ke tubuh yang kena suhu rendah.

Artinya, apabila kita bisa menjaga kehangatan tubuh, kita akan memelihara aliran darah ke seluruh tubuh dan bisa menjaga kehangatan lengan, kaki, tangan, dan kaki.

Soal aktivitas fisik, kita mesti banyak gerak yang memungkinkan otot kita berkontraksi, memecah lebih banyak nutrisi yang menghasilkan suhu panas tambahan pada tubuh. Produksi panas tambahan ini dapat membantu menjaga suhu tubuh dan perasaan hangat.

Sementara soal makanan, perlu diketahui bahwa makan dapat meningkatkan produksi panas pada tubuh. Proses dari penghancuran makanan itu akan meningkatkan suhu pada tubuh.

by Abdul Hamid

 

 

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close