Uncategorized

Ingin Puasa Lancar Tanpa Mengganggu Aktivitas? Perhatikan Hal Berikut ini

Hai PiBi, memasuki Ramadhan, tentunya kalian akan sibuk dengan persiapan untuk berpuasa kan. Puasa lancar, aktivitaspun harus tetap berjalan. Itu yang harus PiBi lakukan saat memasuki bulan suci Ramadhan. Walau disibukkan dengan aktivitas sehari-hari, tetap jaga kesehatan tubuh kita yang sedang puasa ya, PiBi. Jangan sampai kesehatan menurun dan akhirnya malah jatuh sakit.

 

Rita Ramayulis DCN, M.Kes

 

PiBi tahu tidak jika puasa itu menyehatkan?

Seperti yang dikatakan oleh Rita Ramayulis DCN, M.Kes, dalam media online yaitu sebenarnya prinsip puasa adalah memberikan kesempatan untuk hidup sehat. Ditambahnya lagi, nutrisionis sekaligus penulis buku tentang gizi ini membeberkan jika berpuasa memungkinkan tubuh mengalami proses detokfisifikasi atau pembuangan zat-zat beracun dari dalam tubuh secara alami.

 

 

Walau begitu, manfaat puasa tidak akan menjadi maksimal jika tidak dilakukan dengan baik dan tidak memberi asupan yang tepat kepada tubuh. Semua hal yang dibutuhkan tubuh harus terpenuhi dan tetap pada takaran sewajarnya, seperti protein, karbohidrat, vitamin, maupun mineral. Kendati demikian, ada baiknya saat berpuasa untuk mengurangi makanan yang memiliki kalori tinggi karena akan mengakibatkan dehidrasi.

 

 

Selain pola makan dan asupan tubuh, ternyata pola tidur juga perlu diperhatikan saat menjalankan ibadah puasa. Jadi, PiBi harus mengatur waktu tidur dengan baik agar aktivitas pada siang hari tidak terganggu karena rasa kantuk. Untuk yang suka begadang, lebih baik dikurangi untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah.

Nah,PiBi yang menjalankan ibadah puasa, perhatikan beberapa hal tersebut ya?

(MA)

Sumber : Google, Aura.co.id, HelloSehat, SuratKabar.id

 

Baca Juga : 

5 Tips Liburan Tetap Segar & Semangat Meskipun Berpuasa!

4 Makanan Yang Harus Dihindari Ketika Berbuka Puasa

Buka Puasa Dengan Es Batu Buah, Alami dan Segar Banget!

Cegah Bibir Kering Selama Puasa Dengan Produk Lip Perfume Persembahan Cathy Doll!

Baca Disini: Mengapa Kurma Baik Bagi Kesehatan dan 3 Resep Mengolahnya Untuk Berbuka Puasa

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close