News & InformationScience

Ingin Tahu Kenapa Ada Orang Sulit Akui Kesalahan ? Ternyata Ini Penyebabnya

Palingbaru – “Manusia adalah tempatnya kesalahan dan lupa”, sering dengar, kan kalimat itu sahabat Pibi ? Nah, walaupun pada dasarnya kita sebagai manusia sering berbuat salah, sadarkah kamu bahwa sebagian di antara teman-temanmu ada yang sulit mengakui kesalahannya? Atau jangan-jangan kamu termasuk orang yang begini.

Yah, setiap perilaku manusia pasti ada latar belakang yang menggerakkannya. Begitu pun dengan kasus orang yang tidak mau mengakui kesalahan ini. Ingin tahu kenapa ? Yuk ikuti informasinya.

ilustrasi

Psikolog jebolan New York University, Guy Winch Ph.D., sebagaimana dikutip dari Psychology Today, mengatakan, pada dasarnya tak ada orang yang bisa menikmati kesalahannya. Karena hal ini tergolong pada pengalaman emosi yang tidak menyenangkan.

Walau demikian, ada orang yang bisa mengakui kesalahannya tapi banyak juga yang tidak. Kenapa tidak bisa mengakui ?

Kata Guy Winch Ph.D, ini bergantung pada egonya. Karena beberapa orang memiliki ego yang rapuh. Pada kondisi ego yang seperti ini, kesalahan yang dilakukan oleh orang itu akan sangat mengancam dirinya.

ilustrasi

Maka, dengan menerima kesalahan, ia akan merasa hancur secara psikologis. Sehingga ia memutuskan untuk tidak mengakui kesalahannya.

Caranya, mengalihkan persepsinya dari kesalahan yang telah ia lakukan berubah menjadi fakta dalam pikirannya bahwa dia merasa tidak bersalah. Sekali lagi, hal ini dilakukan untuk melindungi kelemahan egonya.

Misal, ketika ada seseorang menjatuhkan makanan yang ia bawa dari dapur ke meja makan. Saat ibunya marah kenapa ia menjatuhkannya. Ia tidak akan mengakui kesalahanya. Tetapi akan berlindung pada fakta lain yang ia pikirkan. Misalnya dengan mengatakan bahwa lantai rumah sangat licin, sehingga saya terpeleset karenanya.

Nah, orang yang berulang kali melakukan hal seperti ini disebut sebagai orang yang secara psikologis lemah. Hmm.. apa egomu selemah ini juga, sahabat Pibi ? Semoga tidak.

By Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close